PENGARUH PENGGUNAAN MAGNET PORTABLE TERHADAP KINERJA MOTOR DIESEL

Authors

  • Hary Wibowo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Agoes Duniawan Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Harmoko Harmoko Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

magnet portable, bahan bakar solar, prestasi mesin

Abstract

Penggunaan Magnet portable ditujukkan untuk membantu proses ionisasi di dalam bahan bakar. Ionisasi ini diperlukan agar bahan bakar dapat dengan mudah mengikat oksigen selama proses pembakaran. Jika proses ionisasi ini terjadi dengan baik maka konsumsi bahan bakar akan berkurang karena sedikitnya produk unburned hydrocarbon hasil proses pembakaran bahan bakar. Ukuran struktur molekul bahan bakar akan berubah menjadi ikatan yang lebih kecil setelah bahan bakar terpengaruh magnetisasi. Ukuran molekul yang lebih kecil ini secara langsung akan berakibat pada semakin mudahnya proses pembakaran dalam ruang bakar.     

Prestasi mesin motor bakar dapat diketahui dari Torsi, Daya poros, Tekanan Efektif rata-rata, Konsumsi bahan bakar dan Konsumsi bahan baker spesifik. Dalam penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh penggunaan magnet portable  terhadap kinerja motor diesel dengan yang tidak menggunakan magnet portable. Dalam penelitian ini digunakan variable kecepatan antara lain 1650 rpm, 1950 rpm, 2300 rpm, 2650 rpm dan 3000 rpm.

Dari hasil penelitian dengan menggunakan magnet portable Torsi mengalami kenaikan sebesar 3 %, Daya poros mengalami kenaikan sebesar 3,2 %, Tekanan efektif rata-rata mengalami kenaikan sebesar 3,2 %, Laju konsumsi bahan bakar mengalami penurunan 0,8 % dan Konsumsi bahan baker spesifiknya turun sebesar 3,2 %.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arismunandar, W., 1983, Motor Diesel Putaran Tinggi, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
Arismunandar, W. 2002, Penggerak Mula Motor Bakar Torak, ITB Bandung.
Culp Jr., Archie W., 1987, Prinsip-Prinsip Konversi Energi, diterjemahkan oleh Darwin Sitompul, 1984, Erlangga, Jakarta.
Heywood, J. B., 1988, Internal Combustion Engine Fundamental, Singapore, Mc Grow-Hill Book Co.
Maleev, V. L., 1985, Internal Combustion Engine”. 2nd edition, Singapore.
Obert, Edward. F., 1973, Internal Combustion Engines and Air Pollution, Third Edition, Internal Text book company copyright in Great Britain.
Rizal, Akhmad Saekhu, 2006, Pengaruh Penggunaan Medan Magnet Pada Aliran Bahan Bakar terhadap Kinerja Mesin Pada Motor Bensin, Tugas Akhir Teknik Mesin, IST Akprind, Yogyakarta.
Sudrajat, Agung dan Hendratna, Kartika Kus, 2006, Menghemat Bahan Bakar Dengan Magnet Portabel. Http://www.google/penelitian
Soenarta, N.,1995, Motor Serba Guna, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Downloads

Published

2010-12-30

How to Cite

Wibowo, H., Duniawan, A., & Harmoko, H. (2010). PENGARUH PENGGUNAAN MAGNET PORTABLE TERHADAP KINERJA MOTOR DIESEL. Jurnal Teknologi, 3(2), 169–174. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/858