PENGARUH BENTUK DAN KEKASARAN LINTASAN TERHADAP SISTEM MEKANIS FIRE-FIGHTING ROBOT BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51

Authors

  • Muhammad Agus Sahbana Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang

Keywords:

robot pemadam api, sistem mekanis, mikrokontroler AT89S51

Abstract

Perkembangan teknologi robotika telah membuat kualitas kehidupan manusia semakin tinggi. Saat ini perkembangan teknologi robotika telah mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas produksi berbagai industri..Karena robot merupakan salah satu alat bantu yang dalam kondisi tertentu sangat diperlukan dalam industri. Terdapat kondisi-kondisi tertentu dalam industri yang tidak mungkin ditangani oleh manusia seperti kebutuhan akan akurasi yang tinggi, tenaga yang besar, kecepatan yang tinggi atau resiko yang tinggi. Keadaan-keadaan ini dapat diatasi oleh robot Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk dan kekasaran lintasan  terhadap sistem mekanis fire-fighting robot berbasis mikrokontroler AT89S51.

         Berdasarkan dari judul diatas maka kita akan mengetahui seberapa besar pengaruh bentuk dan kekasaran lintasan terhadap sistem mekanis suatu robot dalam melewati suatu lintasan yang tingkat kesulitan sangat berbeda-beda baik dalam melewati lintasan lurus atau pun zig-zag  dan memiliki lantai yang tingkat kekasaran berbeda-beda agar nanti kita akan mengetahui kecepatan gerak robot yang akurat dan besarnya gaya gesek roda robot terhadap lantai untuk bisa memadamkan nyala lilin.

Hasil dari analisa pengaruh bentuk dan kekasaran lintasan  terhadap sistem mekanis fire-fighting robot berbasis mikrokontroler AT89S51.bahwa kecepatan robot yang sangat akurat terjadi pada lintasan lurus berlantai triplek ini disebabkan karna pada lintasan lurus gerak robot tidak terlalu susah untuk melewatinya sedangkan pada lintasan zig-zag berlantai rumah kecepatan gerak robot sangat lambat itu terjadi karena adanya gaya gesek dan delay time yang terjadi pada  robot sehingga pada lintasan yang zig-zag membutuhkan waktu yang lama.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiharto, Widodo. 2006. Membuat Robot Cerdas, Elek Media Komputindo. Jakarta.
Budiharto, Widodo. 2004. Elektronika Digital dan Mikroprosesor, Andi Offset. Yogyakarta.
B Hudaya, K.M. Winarno. 1981. Fisika Umum (College Physics). Edisi Pertama. CV. Amrico, Bandung.
Kaharuddin. 2009. Pengaruh Bentuk Dan Kekasaran Lintasan Terhadap Sistem Mekanis Fire-Fighting Robot Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Skripsi. Teknik Mesin Universitas Widyagama, Malang.
Soedojo, Peter. 1999. Fisika Dasar. Edisi Pertama. Andi Offset, Yogyakarta.
Sigit, Riyanto. 2007. Robotika, Sensor, & Aktuator. Graha Ilmu, Surabaya.
Sears & Zemansky. 1994. Fisika Untuk Universitas I. Edisi ke-2. Erlangga, Jakarta.
Sutrisno. 1986. Seri Fisika Dasar. Edisi ke-5. Penerbit ITB, Bandung.

Downloads

Published

2010-12-30

How to Cite

Sahbana, M. A. (2010). PENGARUH BENTUK DAN KEKASARAN LINTASAN TERHADAP SISTEM MEKANIS FIRE-FIGHTING ROBOT BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51. Jurnal Teknologi, 3(2), 113–119. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/850