TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA BADAN USAHA DENGAN BALANCED SCORECARD (BSC)

Authors

  • Rachmad Hidayat Jurusan Teknik Industri, Universitas Trunojoyo Madura
  • Issa Dyah Utami Jurusan Teknik Industri, Universitas Trunojoyo Madura
  • Umayya Umayya Jurusan Teknik Industri, Universitas Trunojoyo Madura

Keywords:

BSC, internal business process, pelanggan, kinerja

Abstract

Pengukuran kinerja BSC menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Belajar dan Berkembang. Penelitian dilakukan pada badan usaha berbentuk rumah sakit. Pengumpulan data yang didasarkan pada fakta-fakta yang berhubungan dengan internal business process dan pelanggan. Metode pengambilan sampel adalah Non Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan tolak ukur pengukuran kinerja Perspektif keuangan adalah Return On Investment (ROI ), perspektif pelanggan adalah Number Of Complain, perspektif bisnis internal adalah BOR (Bed Occupancy Rate), dan pespektif belajar dan tumbuh adalah Employee Turn Over. Pencapaian indeks kinerja keseluruhan adalah berfluktuatif. Rekomendasi yang diusulkan adalah (1) menerapkan kebijakan mengurangi persediaan, (2) menyediakan sarana dan prasarana yang bagus serta penerapkan pelayanan prima dan (3) meningkatkan gaji atau honor khususnya untuk tenaga kerja rumah sakit.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkinson, Anthony A., Robert S. Kaplan, Rajiv D. Banker and Mark Young S. 1995. Management Accounting, 10th Printing, Prentice – Hall, Inc, New Jersey.
Gaspersz, Vincent. 2003. Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Indriantoro, Nur dan Bambang S. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Managemen. Yogyakarta: BPFE.
Kaplan, Robert S. dan David P. Norton, 1992, The Balanced Scorecard : Measures That Drive Performance, Harvard Business Review, January – February.
Kaplan, Robert S. and , David P, Norton, 1996, Translating Strategy Into Action: The Balanced Scorecard, Harvard Business School Press.
Mirza, Teuku. 1997. Balance Scorecard. Usahawan. No. 06 tahun XXVI.
Mutasowifin, Ali. 2002. Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penlian Kinerja Pada Badan Usaha Berbentuk Koperasi.
Wijaya, Amin Tunggal, 2000, Pengukuran Kinerja Dengan Balanced Scorecard, Harvarindo, Jakarta.
Yuwono, Sony. 2006. Balance Scorecard: menuju organisasi yang berfokus pada strategi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Downloads

Published

2010-12-30

How to Cite

Hidayat, R., Utami, I. D., & Umayya, U. (2010). TOLOK UKUR PENILAIAN KINERJA BADAN USAHA DENGAN BALANCED SCORECARD (BSC). Jurnal Teknologi, 3(2), 90–98. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/847