PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN GROUP TECHNOLOGY DAN ALGORITMA BLOCPLAN UNTUK MEMINIMASI ONGKOS MATERIAL HANDLING

  • Joko Susetyo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Risma Adelina Simanjuntak Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • João Magno Ramos Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: Group Teknologi, Material Handling, Rank Order Clustering (ROC)

Abstract

Tata letak fasilitas pabrik memiliki dampak yang cukup significant terhadap performansi perusahaan seperti ongkos material handling, work-in process inventory, lead times, produktivitas, dan performansi pengantaran. Desain fasilitas pabrik yang baik adalah yang mampu meningkatkan keefektifan dan keefisienan melalui penurunan perpindahan jarak material, dan ongkos material handling.

Dalam penelitian ini perancangan ulang tata letak fasiltas mesin pada perusahaan logam yang memproduksi berbagai macam produk logam. Berdasarkan permasalahan yang ada, perancangan dilakukan dengan mengunakan group teknologi yaitu mengelompokkan produk yang memiliki kesamaan desain atau kesamaan karakteristik manufaktur atau gabungan dari keduanya. Hasil pengelompokan ini berupa formasi mesin yang membentuk cell-cell. Metode penyusunan mesin didalam cell ini menggunakan metode rank order clustering (ROC). Sedangkan untuk menghitung jarak material handling dan ongkos material handling menggunakan metode algoritma bolcplan yaitu menghitung jarak rectilinear dan jarak euclidean.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa relayout yang dirancang lebih baik dari layout. Relayout memiliki jarak rectilinear perpindahan material yang lebih kecil, selisihnya 116 m atau penurunan jaraknya sebesar 13,36% dari kondisi awal. Begitu juga dengan penurunan ongkos material handling berdasarkan jarak rectilinear adalah Rp 18.900/hari atau penurunan ongkos ongkos material handling sebesar 16%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heragu, S. 1997. Fasilities Design. PWS Publishing. Boston.
Jaganathan, J. K. 2007. Solution To Large Facility Layout Problems Using Group Technology. Thesis. India. Available from at http: soar.wichita.edu/dspace/bitstream/10057/1139/1/t07022.pdf – diakses: 27 Februari 2010
Susetyo, J. 2009. Penentuan Biaya Material Handling Berdasarkan Pada Analisis Part dan Mesin Dengan Menggunakan Konsep Group Teknologi. Penelitian Teknik Industri. ISTA. Yokyakarta (Tidak dipublikasikan)
Shururi, A. 2006. Optimisasi Tata Letak Fasilitas Dalam Sistem Manufacturing Cellular Dengan Menggunakan Pendekatan Genetic Algorithm. Skripsi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (Tidak dipublikasikan)
Singh, N and Rajamani, D. 1996. Cellular Manufacturing System Design Planning And Controll. Chapman and Hall. London
Wignjosoebroto, S. 1996. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Penerbit Guna Widya. Surabaya.
Published
2010-06-30
How to Cite
Susetyo, J., Simanjuntak, R. and Ramos, J. (2010) “PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN GROUP TECHNOLOGY DAN ALGORITMA BLOCPLAN UNTUK MEMINIMASI ONGKOS MATERIAL HANDLING”, Jurnal Teknologi, 3(1), pp. 75-83. Available at: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/845 (Accessed: 19January2020).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>