ANALISA PEMBUATAN TABUNG GAS LPG 3 KG

Authors

  • Mustafa Mustafa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Merdeka Madiun

Keywords:

tabung gas, deep drawing, pengelasan

Abstract

Program konversi minyak tanah ke LPG merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi subsidi BBM, dengan mengalihkan pemakaian minyak tanah ke LPG. Tujuan analisa untuk mengetahui proses pembuatan tabung gas, proses deep drawing dan metode pengelasan yang baik. Karena masih banyak orang yang takut memakai bahan bakar LPG tersebut karena takut meledak akibat kualitasnya yang kurang bagus. Deep Drawing atau biasa disebut drawing adalah salah satu jenis proses pembentukan logam, dimana bentuk pada umumnya berupa silinder dan selalu mempunyai kedalaman tertentu. Pada proses pembuatan tabung gas elpiji untuk mendisain suatu proses pembentukan logam , seperti penarikan (drawing). Salah satu pekerjaan yang harus kita lakukan adalah menentukan atau memilih kapasitas mesin (energi, gaya, torsi) serta perkakas dan peralatan yang akan digunakan untuk proses tersebut. Pada proses deep drawing dengan kecepatan tekan yang telah ditentukan (sesuai tabel) daya tekan maksimal tidak boleh melebihi: 167,330 kg. Pada proses pengelasan circum, tegangan normal mencapai 61.16 kg/cm2, karena masih diatas uji ketahanan hidrostastik, maka masih dalam batas aman.

 

Kata Kunci : tabung gas, deep drawing, pengelasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Nash, William.1972. Theory and Problems of Strenght of Materials. Birmingham : Department of Mechanical Engineering University of Birmingham.
Hirt, Dr,-Ing. M. Elemen Mesin. Terjemahan oleh Budiman, Anton & Priambodo, Bambang. 1986. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Hasnan, S.,Ahmad. 2006. Mengenal Proses Deep Drawing, (Online), (http://oke.or.id/v2/2006/04/mengenal-proses-pembentukan-deep-drawing/.
Saptono, Rahmat. 2004. Analisis Proses Pembentukan Logam, (Online), (http://staff.ui.ac.id/internal/132128628/AnalisisProsesPembentulanLogam..pdf.
Sularso, & Suga, Kyokatsu. 1978. Dasar Perancangan dan Pemilihan Elemen Mesin. Bandung : Indonesia & Tokyo Japan.

Downloads

Published

2010-06-30

How to Cite

Mustafa, M. (2010). ANALISA PEMBUATAN TABUNG GAS LPG 3 KG. Jurnal Teknologi, 3(1), 61–69. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/843