ANALISIS PENENTUAN WAKTU PERAWATAN DAN JUMLAH PERSEDIAAN SUKU CADANG RANTAI GARU YANG OPTIMAL

Authors

  • Imam Sodikin Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Kehandalan, kemudahan perawatan, ketersediaan, waktu perawatan

Abstract

  1. Madukismo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri pertanian dengan hasil utamanya berupa gula. Salah satu hal yang mendukung kelancaran kegiatan operasi adalah kesiapan mesin-mesin produksi dalam melaksanakan tugasnya, maka diperlukan suatu sistem perawatan yang baik. Perusahaan perlu meningkatkan efektivitas dan efesiensi kerja di dalam penggunaan mesin produksi tersebut melalui perencanaan penjadwalan perawatan agar mesin atau unit yang akan digunakan dapat beroperasi dengan baik, dan tidak mengalami gangguan kerusakan pada saat digunakan.

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis nilai laju kerusakan, parameter realiability, maintainability, availability, serta menganalisis tingkat kebutuhan jumlah spare-part yang optimal dengan pendekatan Spare-part requirement nomograph. Adanya upaya tersebut dimaksudkan agar dapat meningkatkan ketersediaan dan keandalan yang tinggi dengan memaksimalkan umur peralatan, serta pemeliharaan yang efektif.

Hasil yang diperoleh meliputi tingkat keandalan mengalami penurunan selama periode waktu operasi, sehingga laju kerusakan komponen rantai garu (mata rantai) selama penggunaan mengalami peningkatan. Nilai MTBM komponen adalah 152,86 jam, nilai MTBF komponen adalah 314,71 jam, nilai Availability komponen antara 88,10 % hingga 90,10 %, nilai Reliability komponen yaitu 99,53 %, dan cenderung menurun dengan laju 0,00792 kerusakan per jam, dan jumlah suku cadang komponen yang harus disediakan pada Unit Mesin Penggiling Tebu minimal 30 unit.

           

Kata kunci: Kehandalan, kemudahan perawatan, ketersediaan, waktu perawatan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ebeling, E, C., 1997, An Introduction to Reliablity and Maintanability Engineering, Mc Graw-Hill, Singapore.
Gasperz, V., 1992, Analisis Sistem Terapan Berdasarkan Pendekatan Teknik Industri, edisi pertama, Tarsito, Bandung.
Handoko, T, H., 1984, Dasar – Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi1, BPFE, Yogyakarta.

Maolana, D., 2007, Analisis Biaya Perawatan Komponen Mesin dengan Penyediaan Suku Cadang pada Departemen Finishing CV. Banjar Jaya, Skripsi, Teknik Industri, IST. AKPRIND, Yogyakarta.
Mustafa, A., 1998, Manajemen Perawatan, ITB, Bandung.
Nasution, A, H., 2006, Manajemen Industri, edisi pertama, Andi Offset, Yogyakarta.
Sodikin, I., Asih, E, W., Setiawan, H., 2008, Preventive Maintenance System dengan Consequence Driven Maintenance Terhadap Keandalan Mesin Sebagai Solusi Penurunan Biaya Maintenance, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi, 13 Desember 2008, ISSN: 1979-911X, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Sodikin, I., 2008, Penentuan Interval Perawatan Preventif Komponen Elektrik dan Komponen Mekanik yang Optimal pada Mesin Excavator Seri PC 200-6 dengan Pendekatan Model Jardine, Jurnal Teknologi, Vol 1 No. 2, Desember 2008, ISSN: 1979-3405, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Sukmono, W., 2005, Pengujian Distribusi dan Menentukan Jumlah Persediaan Maksimum & Minimum dari Komponen yang Mengalami Kerusakan dan Batas Pemesanan Kembali, Skripsi, Teknik Industri, IST. AKPRIND, Yogyakarta.
Walpole, R, E., 1989, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Edisi Ke 4, ITB-Press, Bandung.

Downloads

Published

2010-06-30

How to Cite

Sodikin, I. (2010). ANALISIS PENENTUAN WAKTU PERAWATAN DAN JUMLAH PERSEDIAAN SUKU CADANG RANTAI GARU YANG OPTIMAL. Jurnal Teknologi, 3(1), 44–52. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/841