ALAT UKUR KECEPATAN FLUIDA DENGAN EFEK DOPPLER MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER AT89S51

Authors

  • Muhammad Andang Novianta Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

kecepatan fluida, alat ukur, efek doppler, mikrokontroller

Abstract

Teknologi elektronika telah banyak diterapkan dalam sistem pengukuran, hal tersebut sangat membantu pekerjaan dalam penelitian atau pencarian suatu data yang sedang diamati. Hanya saja peralatan tersebut banyak yang masih bersifat semi otomatis sehingga masih memerlukan tenaga dan waktu dalam pengerjaannya.

Penelitian ini merancang suatu prototipe yang memanfaatkan gelombang ultrasonik sebagai alat ukur kecepatan fluida dengan metode efek doppler berbasis mikrokontroller AT89S51.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan alat berfungsi dengan baik, dengan berdasarkan sensitivitas sensor ultrasonik terhadap kecepatan fluida yang mengalir di dalam suatu pipa.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agfianto, P. E., 2002, “Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55 (teori dan aplikasi)”, Edisi Pertama, Penerbit Gava Media, Yogyakarta, Hal 1-8.
Lathief, C., 2007. “Pengukuran Kecepatan Fluida Dengan Efek Doppler Pada Laser”, Tesis S-2, Program Studi Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Munson, B. R., and Young, D. F., 2003, ”Mekanika Fluida”, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta, Hal 214-219.
Mustain, A., 2002, “Distribusi Tekanan Aliran Udara Terhadap Penghalang Silinder”, Tesis S-2, Dept. of Mechanical Engineering, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.
Smallman, R.E. dan Bishop, R.J., 2000 “Metalurgi Fisik Modern & Rekayasa Material”, Edisi Keenam, Penerbit Erlangga, Jakarta, Hal 210.

Downloads

Published

2010-06-30

How to Cite

Novianta, M. A. (2010). ALAT UKUR KECEPATAN FLUIDA DENGAN EFEK DOPPLER MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER AT89S51. Jurnal Teknologi, 3(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/834