PERANCANGAN KONTEN M-LEARNING DENGAN SISTEM LIVE MULTIMEDIA BERBASIS SELULAR

Authors

  • Gatot Santoso Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Adhi Susanto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Marshal Budi Wardani Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

internet, m-learning, multimedia, seluler

Abstract

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi dengan internet menjadi prioritas utama dalam perkembangan kemajuan dunia. Perkembangan ini memberikan terobosan baru dalam pembelajaran mobile dengan memanfaatkan perangkat TI genggam atau yang biasa disebut dengan mobile learning (m-learning). M-Learning memiliki beberapa kelebihan kemampuan untuk pembelajaran yang bisa diakses kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja. Masalah yang masih pada m-learning adanya keterbatasan hardware dan platform sehingga diperlukan rancangan dengan sistem dan kemudahan dalam mengakses. Disamping itu juga diperlukan penelitian khusus yang menangani tiap bagian yang ada pada m-learning agar didapat kenyamanan pada user. Penelitian ini bertujuan untuk menangani masalah dengan memanfaatkan multimedia sebagai konten yang bisa memberikan informasi yang lebih jelas dan spesifik. Layanan multimedia m-learning ini memerlukan koneksi dan akses internet yang bagus dan juga memerlukan hardware yang mumpuni agar bisa menikmati keseluruhan layanan dengan baik, untuk itu digunakan ponsel yang mendukung fasilitas mobile multimedia. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah software dan konten berbasis selular, sedang target utamanya adalah rancangan m-learning dengan layanan multimedia.

 

Kata kunci: internet, m-learning, multimedia, dan selular

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Ariwibowo, 2003, Multimedia dan Streaming dengan Syncronized Multimedia Integration Language, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Ayu Widya Sari, 2007, Perancangan Layanan Multimedia dan Streaming pada M-Learning Berbasis Selular, [Skripsi] Program strata-1 Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.
Dian Griyana, 2008, Perancangan Layanan Streaming Interaktif Pada M-Learning Berbasis CDMA, [Skripsi] Program strata-1 Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.
Hartley Darin, 2001, Selling E-Learning, American Society for Training and Development.
Gunawan Wibisono, Uke Kurniawan Usman, Gunadi Dwi Hantoro, 2008, Konsep Teknologi Seluler, INFORMATIKA, Bandung.
Jack Febrian, 2007, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi, INFORMATIKA, Bandung.
Janet Adams, 2007, Adaptive Buffer Power Save Mechanism for Mobile Multimedia Streaming, [Thesis] School of Electronic Engineering Faculty of Computing and Engineering Dublin City University, Ireland.
Jill Attewell, 2004, Mobile Technologies and Learning, Learning Skill and Development Agency.
John G., Wai-tian Tan, and Susie J. Wee, 2002, Video Streaming: Concepts, Algorithms, and Systems, HP Laboratories Palo Alto.
Lvaylo Haratcherev, Jacco Taal, Koen Langendoen, Reginal Lagendjik, and Henk Sips, 2006, Optimized Video Streaming over 802.11 by Cross-Layer Signaling, Delft University of Technology.
Onno W. Purbo, 2002, Konferensi Video Melalui Internet, ANDI, Yogyakarta.
Sastri L. Kota, Ekram Hossain, Romanno Fantacci and Akhmed Karmouch, 2005, Cross Layer Protocol Engineering for Wireless Mobile Networks, IEEE Communications Magazine.
Shalahuddin, 2006, Pemrograman J2ME, INFORMATIKA, Bandung.
Suyanto, M., 2005, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, ANDI Offset, Yogyakarta.

Downloads

Published

2009-12-30

How to Cite

Santoso, G., Susanto, A., & Wardani, M. B. (2009). PERANCANGAN KONTEN M-LEARNING DENGAN SISTEM LIVE MULTIMEDIA BERBASIS SELULAR. Jurnal Teknologi, 2(2), 124–129. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/833