PROTEKSI ARUS LEBIH DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR ACS 706ELC

Authors

  • Slamet Hani Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Arus listrik, Kendali otomatis, Beban

Abstract

Perkembangan teknologi dan sistem elektronik dewasa ini berkembang telah sangat pesat. Tidak terlepas dari hal tersebut, penggunaan alat-alat listrik meningkat seiring dengan kebutuhan pemakai untuk membantu aktifitas kerja. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu alat yang dapat memproteksi peralatan-peralatan elektronik dari bahaya kebakaran akibat dari pemakaian energi listrik berlebihan yang mengakibatkan hubung singkat sehingga dapat terjadi kebakaran.

Sensor arus ACS706ELC-20 membaca arus listrik yang mengalirinya dan menghasilkan tegangan dari 2,5VDC-4,2VDC. Dengan tegangan referensi yang dihasilkan oleh ACS706ELC-20, maka dapat dijadikan kendali pembatas arus. Alat ini bekerja berdasarkan kenaikan arus listrik yang melewati sensor ACS706ELC-20 akibat dari penggunaan alat-alat listrik. Dengan memasang driver berupa triac BTA41 maka beban yang terpasang dapat dikendalikan.

Alat ini mampu untuk membatasi pemakaian arus listrik yang terpakai. Dalam alat ini terdapat sensor ACS706ELC-20 yang berfungsi untuk membaca arus yang terpakai, seven segment untuk menampilkan nilai arus yang terpakai, dan triac BTA41 untuk driver beban.

Kata Kunci : Arus listrik, Kendali Otomatis, dan Beban

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allegro. 2006. “CS706ELC-20A, Bidirectional 1.5 mΩ Hall Effect Based Linear Current Sensor with Voltage Isolation and 20 A Dynamic Range”. Allegro MicroSystems Inc. Amerika Serikat.
Bles, Efraim Victor. 2007. “Automatic Circuit Breaker”.
Ibrahim,K.F. 2007. “Teknik Digital Elektronika”. Andi. Yogyakarta
Intersil. 2007. “3½ Digit, LCD/LED Display, A/D Converters”. Intersil Americas Inc, America.
Rusli. 2008. “Kendali Integral dan Feedback”. Gramedia. Jakarta.
STMicroelectronics. 2008. ”BTA40 and BTA/BTB41 Series”. Australia - Brazil - China - Finland - France - Germany - Hong Kong - India - Italy - Japan – Malaysia-Malta - Morocco - Singapore - Spain - Sweden - Switzerland - United Kingdom - U.S.A, www.DatasheetCatalog.com, http://www.st.com
Wasito S., 2004. “Vademekum Elektronika Edisi Kedua”. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Downloads

Published

2009-12-30

How to Cite

Hani, S. (2009). PROTEKSI ARUS LEBIH DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR ACS 706ELC. Jurnal Teknologi, 2(2), 167–175. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/826