PENGARUH KEPADATAN PAPAN PARTIKEL DARI TIGA JENIS SERBUK KAYU TERHADAP NILAI KONDUKTIVITAS PANASNYA

Authors

  • I.Gusti Gde Badrawada Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Agung Susilo Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

kepadatan, papan partikel, koefisien konduktivitas panas, serbuk gergaji

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh kepadatan terhadap nilai konduktivitas thermal masing-masing jenis papan partikel serbuk kayu. Kemudian dibandingkan nilai konduktivitas thermalnya diantara ketiga jenis papan partikel serbuk kayu serta dibandingkan nilai konduktivitas termalnya untuk masing-masing jenis papan partikel dengan kepadatan yang berbeda tersebut, sehingga kita dapat mengetahui papan partikel jenis mana dengan kepadatan berapa merupakan isolator yang paling baik.

            Untuk langkah awal penelitian maka disiapkan papan partikel yang terbuat dari masing-masing serbuk kayu dengan kepadatan yang berbeda-beda yaitu 1 : 5, 1 : 4, 1 : 3. Kemudian masing-masing jenis papan partikel dengan kepadatan yang berbeda tersebut dimasukkan ke dalam kotak pengujian. Pada kotak pengujian ada sumber panas yaitu berupa lampu pijar dengan tenaga 100 watt. Lampu pijar inilah yang akan memberi panas kepada papan partikel.  Pada salah satu permukaan papan partikel ditempatkan 9 titik pengukuran temperature. Sedang permukaan yang lainnya ditempelkan ke plat aluminium dengan konduktivitas termal yang telah diketahui. Sedang permukaan aluminium yang lain ditempatkan  pula 9 titik pengukuran temperature. Sehingga dengan demikian akan dapat dicari berapa nilai konduktivitas termal papan partikel serbuk kayu tersebut.

Dari hasil perhitungan yang dilakukan maka nilai konduktivitas panas terkecil dimiliki oleh papan partikel serbuk kayu mahoni dengan kepadatan 1 : 3  (merupakan isolator yang terbaik) disusul oleh papan partikel serbuk kayu jati dengan kepadatan 1 : 2,67. Sedang papan partikel yang mempunyai nilai konduktivita thermal yang paling besar adalah papan partikel serbuk kayu mahoni dengan kepadatan 1 : 2,67 disusul oleh papan partikel serbuk glugu dengan kepadatan 1 : 2,5.

 

Kata kunci: kepadatan, papan partikel, koefisien konduktivitas panas, serbuk gergaji

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashar,S.2007, Pengaruh Kepadatan Terhadap Angka Konduktivitas Termal Papan Partikel Sekam Padi Dengan Menggunakan Metode ASTM Yang Dimodifikasi. Skripsi. Teknik Mesin IST AKPRIND
Holman, J.P,1994, Perpindahan Kalor, Ter. Ir. E. Jasjti. M.Sc. Edisi 6. Erlangga. Jakarta.
Hyer. Michael. W. 1998. Stress and Analisis of Fiker Resin Forced Composite Material, Mc. Graw Hill International Edition.
Incropera, Frank P, 1981. Fundamentals of Heat Transfer, John Wiley & Son, Inc.
Kreith, F. 1976, Prinsip-Prinsip Perpindahan Panas. Edisi ketiga ( Alih Bahasa : A. Prijono ). Erlangga. Jakarta

Downloads

Published

2009-12-30

How to Cite

Badrawada, I. G., & Susilo, A. (2009). PENGARUH KEPADATAN PAPAN PARTIKEL DARI TIGA JENIS SERBUK KAYU TERHADAP NILAI KONDUKTIVITAS PANASNYA. Jurnal Teknologi, 2(2), 150–157. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/824