PENGUJIAN KANDUNGAN ESDD DAN SIFAT HIDROFOBIK BAHAN ISOLASI RESIN EPOKSI DENGAN BAHAN PENGISI SEKAM PADI

Authors

  • Syafriyudin Syafriyudin Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

resin epoksi, sifat hidrofobik, ESDD, sekam padi

Abstract

Isolator memiliki peranan yang sangat penting dipasang pada jaringan transmisi, jaringan distribusi dan sebagainya, untuk mencegah terjadinya hubung singkat karena fungsi isolator itu sendiri adalah memisahkan dua bagian yang bertegangan. Pengujian pada penelitian ini adalah pengujian sifat hidrofobik dan ESDD dengan bahan pengisi silicone rubber dan sekam padi dengan kadar dari 10% sampai 40% dari berat bahan uji, bahan yang digunakan merupakan campuran dari DGEBA (Diglycidil Eter of Bisphenol A) sebagai bahan utama dan MPDA (Methaphenylene Diamine) sebagai pengeras dengan perbandingan 1 : 1, sedang bahan pengisi silicone rubber dan sekam padi dengan Perbandingan 1 : 1 dengan kadar dari 10%, 20%, 30%, 40%, dan variasi penuaan dari 0 dan 96 jam dengan ukuran bahan uji 70 mm x 70 mm x 5 mm untuk pengujian sifat hidrofobik dan ESDD (Equivalent Salt Deposit Density). Penyemprotan polutan dibuat sama, dengan komposisi 40 gr kaolin dan 1000 ml air destilasi untuk dua kali penyemprotan. Pada pengujian sifat hidrofobik ternyata hasilnya sangat berpengaruh pada penyinaran UV, sedangkan ESDD tidak berpengaruh pada UV tetapi pada kadar polutan yang menempel pada permukaan isolator.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanto, Yudhi., 2007“Pengaruh Polutan Garam Parangtritis Terhadap Kinerja Mekanis Bahan Isolasi Resin Epoksi Dengan bahan Berpengisi Silicon Rubber Dan Abu Sekam Padi”, Skripsi, UMS, Surakarta.
Berahim, H., 2000, “Pengaruh polutan terhadap kinerja bahan isolasi epoksi resin untuk isolator” seminar nasional dan workshop seminar teknik teganngan tinggi 111, pp 108-112, UI, Jakarta.
Duri, Sajaratud, 2003, “Isolasi Silikat dan Sekam Padi”, Tesis, ITS, Surabaya.
Krisyanto, Epin, “Sifat Hidrofobik bahan isolasi resin epoksi berpengisi Hi-temp Red Sillicone rubber dan abu sekam padi pada kondisi dipercepat”, skripsi, UMS, Surakarta.
Mustofa, M. W., 2005, “Pengaruh Polutan parangtritis Terhadap Sifat Hidrofobik dan Pengujian spectroscopy infra merah pada Bahan Isolasi Resin Epoksi”, Skripsi, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Saito, Shinroku., Surdia, Tata., 1999, “Pengetahuan Bahan Teknik”, Prandnya Paramita, Jakarta.
Siswanto, 2005, “Pengujian Equivalent Salt Deposit Density (ESDD) pada bahan Isolasi Resin Epoksi”, Skripsi, IST AKPRIND, Yogyakarta.
Stevens, M. P., lis Sopyan., 2001, “Kimia Polimer”, Prandnya Paramita, Jakarta.
Syafriyudin., 2003, “Pengaruh Polutan Industri Terhadap Kinerja Bahan Isolasi Resin Epoksi ”, Tesis, UGM, Yogyakarta.
Wahada, Giyardi, 2003, “Pengaruh siinar ultra violet terhadap bahan isolasi resin epoksi dengan pengisi pasir silikadan lem silicone rubber terkontaminasi polutan parangtritis”, Tugas akhir, UGM, Yogyakarta.
Wasito, 2003, “pengaruh lama waktu penyinaran ultra violet terhadap karakteristik bahan isolasi resin epoksi dengan pengisi karet silicon dan pasir silica terkontaminasi poluttan industri” Tugas akhir, UGM, Yogyakarta.

Downloads

Published

2009-12-30

How to Cite

Syafriyudin, S. (2009). PENGUJIAN KANDUNGAN ESDD DAN SIFAT HIDROFOBIK BAHAN ISOLASI RESIN EPOKSI DENGAN BAHAN PENGISI SEKAM PADI. Jurnal Teknologi, 2(2), 143–149. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/822