HOT PRESSING METALURGI SERBUK ALUMINIUM DENGAN VARIASI SUHU PEMANASAN

Authors

  • Toto Rusianto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

bushing, hot pressing, aluminium, metalurgi serbuk

Abstract

Bushing adalah bantalan jenis silinder bercelah yang berfungsi untuk menumpu poros. Bushing dapat dibuat dengan proses metalurgi serbuk, untuk mendapatkan proses pemadatan yang  sempurna, kompaksi dapat dilakukan pada temperatur tinggi atau Hot Presing. Pres dalam keadaan panas akan menjadikan serbuk menjadi lebih lunak/plastis, sehingga memudahkan untuk dipadatkan. Untuk itu pengaruh suhu pemanasan harus dapat terkontrol agar didapat produk yang homogen. Kepadatan sangat berpengaruh sekali terhadap kekuatan dari produk yang dihasilkan. Bahan baku yang digunakan adalah serbuk aluminium, variasi pemanasan pada saat pemadatan dengan temperatur yang berbeda yaitu pada suhu ruang, suhu 100, 200 dan 300 oC, temperatur yang lebih tinggi sulit dicapai karena keterbatasan alat.

         Hasil penelitian menunjukan bahwa foto struktur mikro terlihat bahwa aluminium berwarna putih keabuan dan yang terlihat berwarna hitam pada struktur mikro merupakan porositas. Persentase rata-rata porositas mengalami penurunan dengan meningkat temperatur kompaksi, dan berat jenis bahwa bushing mengalami kenaikan dengan meningkatnya suhu hot pressing. Pada pengujian kekerasan diketahui bahwa kekerasan bushing meningkat dan  laju keausan menurun dengan meningkatnya suhu hot pressing.

 

Kata kunci:  bushing, hot pressing, aluminium, metalurgi serbuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Randall M. German, 1994, Powder Metallurgy Science. Metal Powder Industries Federation Princenton, New Jersey.
R. Daru Dono,2000Pengaruh Proses Perlakuan Panas Aging 120 ºC Pada Metalurgi Serbuk (95 % Al – 5 % Cu) Terhadap Kekerasan, Densitas, Struktur Mikro Dan Porositas. Skripsi Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, Yogyakarta
Rusianto, T., Wildan M. W., Heru S.B.R., 2004, Pengaruh Penambahan Al2O3 dan Tekanan Kompaksi Pada Komposit Al/Al2O3 Terhadap Densitas Relatif dan Kekerasan, Prosiding Seminar Nasional Perkembangan Riset dan Teknologi di Bidang Industri, Yogyakarta.
Rusianto, Toto., 2005, “Pembuatan Bushing dari Bahan Serbuk Komposit Al/ Al2O3 dengan variasi penambahan Al2O3” Proseding seminar nasional ReTII di STTNas Yogyakarta. ISBN 979-99711-0-1. Yogyakarta 11 Juni 2005
Suresh, S., Mortensen A. dan Alan N., 1993, “Fundamentals of Metal Matrix Composites”, Butterworth – Heinemann, London.
Van den Berg, Mark R., 1998,”Aluminum MMC’s-Current Status & Future Prospect : Commercial Applications” Prosiding dalam Al MMC Corsortium website:www.almmc.com.
Xia, X., McQuenn H.J. dan Zhu H., 2000, “Fracture Behavior of Particle Reinforced Metal Matrix Composites” , Journal of Applied Composite Materials, 9: pp 17-31, 2002, Kluwer Academic Publisher Netherland.

Downloads

Published

2009-06-30

How to Cite

Rusianto, T. (2009). HOT PRESSING METALURGI SERBUK ALUMINIUM DENGAN VARIASI SUHU PEMANASAN. Jurnal Teknologi, 2(1), 89-95. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/815