OPTIMASI PROSES EKSTRAKSI MINYAK KACANG TANAH DENGAN PELARUT N-HEKSANA

Authors

  • Ganjar Andaka Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Ekstraksi, Minyak kacang tanah, n-Heksana

Abstract

Minyak merupakan campuran ester dari gliserol dan asam lemak rantai panjang yang sering disebut trigliserida. Trigliserida terbentuk dari asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Minyak kacang tanah mengandung 76 – 82% asam lemak tak jenuh yang terdiri dari 40 – 45% asam oleat dan 30 – 45% asam linoleat. Asam lemak jenuh sebagian besar terdiri dari asam palmitat, sedangkan kadar asam miristat sekitar 5%. Kandungan minyak yang terdapat di dalam kacang tanah cukup tinggi yaitu berkisar antara 40 – 50%.

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kondisi optimum volume pelarut dan suhu ekstraksi terhadap persentase minyak terambil. Variabel volume pelarut dilakukan dengan memvariasikan volume pelarut antara 80 – 120 mL, sedangkan variabel suhu ekstraksi dilakukan dengan memvariasikan suhu ekstraksi antara 35 – 60oC. Hasil ekstraksi kemudian disaring dan filtratnya didistilasi pada suhu 69oC untuk memisahkan minyak dari pelarutnya. Persentase minyak yang terambil dapat dihitung dari perbandingan berat minyak yang diperoleh terhadap berat bahan baku.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi optimum volume pelarut tercapai pada volume pelarut 120 mL untuk 40 g kacang tanah, sedangkan kondisi optimum suhu ekstraksi tercapai pada suhu 55oC dengan persentase minyak terambil 33,47% untuk masing-masing variabel.

 

Kata kunci: Ekstraksi; Minyak kacang tanah; n-Heksana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bailey, A. E., 1996, Industrial Oil and Fat Products, 5th ed., A Wiley Interscience Publication, John Wiley Sons, Inc., New York.
Herlina dan Ginting, 2008, Lemak dan Minyak, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Sumatera Utara, http://library.usu.co.id.
Ketaren, 2008, Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, ed 3, UI Presss, Jakarta.
Perry, R. H., Green D. W., and Maloney J. O., 1984, Perry’s Chemical Engineers’ Handbook, 6th ed., McGraw-Hill Book Company, New York.
Syarifudin, 2005, Usaha Meningkatkan Kualitas Minyak Kacang Tanah Melalui Proses Netralisasi, Laporan Penelitian 2005 IST Akprind, Yogyakarta.
Sudarmaji, S., Haryono, B., dan Suhardi, 1997, Prosedur Analisis untuk Bahan Makanan dan Pertanian, ed. 4., Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Susanto, 2008, Minyak Goreng, www.warintek. ristek.go.id.
http://id.wikipedia.org, 2008, Asam Lemak.
http://kompas-cetak/ekonomi/htm, 2008, Kon-sumsi Kacang Yuk.

Downloads

Published

2009-06-30

How to Cite

Andaka, G. (2009). OPTIMASI PROSES EKSTRAKSI MINYAK KACANG TANAH DENGAN PELARUT N-HEKSANA. Jurnal Teknologi, 2(1), 80–88. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/814