METODE SUPPLY CHAIN MANAGEMENT UNTUK MENGANALISIS BULLWHIP EFFECT GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SISTEM DISTRIBUSI PRODUK

Authors

  • Indri Parwati Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Prima Andrianto Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

SCM, Bullwhip effect, efektivitas

Abstract

Salah satu kendala yang masih sering dijumpai dalam sistem distribusi produk adalah adanya fenomena Bullwhip Effect yaitu adanya simpangan yang jauh antara persediaan yang ada dengan permintaan. Hal ini disebabkan kesalahan interpertasi data permintaan dan sistem informasi yang kurang terintegrasi di tiap rantai distribusi. Hal itu juga yang dialami oleh PT. Mondrian yang memproduksi produk pakaian jadi. Untuk melakukan perbaikan digunakan pendekatan Supply Chain Management (SCM), dimana didalamnya tidak hanya membahas tentang distribusi produk saja, tetapi juga mengenai persediaan dan sistem informasi yang penerapan SCM. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis Bullwhip Effect dan memenimalisasi total biaya persediaan dengan metode Continous Review. Hasil perhitungan nilai variabilitas menunjukan terjadinya bullwhip effect hampir disemua produk yang dikrimkan ke retailer-retailer. Kecuali pada produk sekido untuk retailer Sri Ratu Peterongan Semarang , produk sekido untuk retailer Sri Ratu Pemuda Semarang dan produk begaya untuk retailer Mirota Kampus Yogyakarta. Karena masing-masing Retailer tersebut memiliki nilai variansi permintaan sebesar 1,28; 1,65; 1,45; yang berarti lebih besar dari nilai perbandingan antara fungsi periode dan lead time sebesar 1,18. Dari hasil pengolahan data inventory dengan metode sistem Q, diperoleh iterasi terbaik pada iterasi 1 untuk produk Dadung dengan total biaya persediaan Rp. 39.638.737,53. Sedangkan untuk produk Begaya iterasi terbaik pada iterasi 3 dengan total biaya persediaan Rp. 27.924.118,81 dan untuk produk Sekido iterasi terbaik pada iterasi 2 dengan total biaya persediaan sebesar Rp. 52.328.084,57.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahagia, S. N., 2003, Sistem Inventory, Lab ITB, Bandung.
Indrajit, R.E, dan Djokopranoto, 2002, Konsep manajemen supply chain, Gramedia, Jakarta.
Indrajit, R.E, dan Ajar, P., 2005, Manajemen Manufaktur, Pustaka Fahima, Yogyakarta.
Pujawan, I nyoman, Supply chain management, Edisi Pertama, Guna Widya, Jakarta.
Simchi - Levi, David, Philip kaminsky and edith simchi levi, 2000, Designed and managing the supply chain concept, strategis and case study, Irwin Mc Graww Hill, Singapore int. edition.
Yamit, Zulian., 1999, Manajemen Persediaan, FE UII Press, Yogyakarta.
www. Logic–tools.com/resources/articles/ bullwhipeffect.htm
Wahono, P. S., 2005, Tugas Akhir, Analisis Kuantitatif Bullwhip Effect Dengan Konsep Supply Chain Management Untuk Meningkatkan Performansi Sistem Distribusi Produk Di PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Yogyakarta, Intitut Sains & Teknologi Yogyakarta.

Downloads

Published

2009-06-30

How to Cite

Parwati, I., & Andrianto, P. (2009). METODE SUPPLY CHAIN MANAGEMENT UNTUK MENGANALISIS BULLWHIP EFFECT GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SISTEM DISTRIBUSI PRODUK. Jurnal Teknologi, 2(1), 47–52. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/809