SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS KERUSAKAN MESIN MOBIL PANTHER BERBASIS MOBILE

Authors

  • Uky Yudatama Universitas Muhammadiyah Magelang

Keywords:

perangkat mobile, sistem pakar, forward dan backward chaining, WAP, WML, PHP

Abstract

Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala. Dengan cara mendeteksi kerusakan apa yang terjadi pada mobil. Misalnya, jika mobil bersuara berisik dan tidak mempunyai gambaran mengapa hal tersebut terjadi, hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil.

Penyampaian informasi pun dilakukan menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem.

Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi segala hal yang berhubungan dengan masalah kerusakan mesin secara cepat dan efisien secara timbal baik antara user dan sistem tetapi tetap optimal meski dalam small device.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syarif, Iwan dan Badriyah, Tessy. 2002. Pembuatan Alat Bantu Ajar Sistem Pakar dengan Teknik Inferensi Backward Chaining. Surabaya.
Hakim, Lukmanul dan Musalini, Uus. 2005. 150 Rahasia dan Trik Menguasai PHP. Jakarta : PT Gramedia.
Wardhani Dyah, Paramita. 2004. Proyek Akhir “Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Stadium Penyakit Kanker”. Surabaya
Seto, Rahdian 2005. ProyekAkhir “Sistem Pakar Untuk Deteksi Penyakit Pada Daerah Mulut”. Surabaya.
Staf Pengajar Ilmu Kedokteran Anak. 1985. Buku Kuliah 3 : Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Nurhadi, Tyasno. 2003. Pemrograman WML dan WMLS : Hadirkan Diri Anda di Mobile Internet.Yogyakarta : Andi.
.........................2003. Panduan Praktis Pengembangan Program WAP .Yogyakarta : Andi dan Semarang : Wahana Komputer.
.........................Informasi Mengenai Sistem Pakar. www.iel.ipb. ac.id/agrinetmedia/modul/aplikasi/spdt/isi/infoSP.htm.
........................SistemPakar.www.iel.ipb.ac.id/agrinetmedia/ modul/aplikasi/servercabai/pakar.htm
........................WML Scripting Tips and Integration with PHP. www.developer.com.

Downloads

Published

2008-12-30

How to Cite

Yudatama, U. (2008). SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS KERUSAKAN MESIN MOBIL PANTHER BERBASIS MOBILE. Jurnal Teknologi, 1(2), 212–218. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/795