PENGARUH KETINGGIAN TERHADAP DAYA MOTOR PESAWAT BRAVO AS-202/18A3

Authors

  • Khairul Muhajir Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Tekanan manifol, Angkat, Seret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian terhadap tenaga mesin pesawat udara AS-202 / 18A3 Bravo. Mesin tenaga diperlukan untuk berjalan jauh melampaui umur yang diinginkan. Membuka mesin untuk inspeksi itu mahal, dan pemilik perlu mempertimbangkan semua informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan. Masalah pada mesin tenaga pesawat terbang yang mengurangi efisiensi dan output alat berat, seperti drag pada baling-baling dan sayap baling-baling, bodi dan badan pesawat serta stabilizer horizontal dan vertikal, seperti yang terdapat pada sistem kemudi dan roda pendarat.

Metode penelitian ini adalah dengan pesawat udara Bravo AS-202 / 18A3 LM 2004 dengan mesin Avco Lycoming AEIO-360 BIF sebagai 4 silinder mesin piston empat langkah dengan tenaga maksimum 180 hp dengan volume silinder 360 inci kubik dan maksimum kecepatan 2.700 rpm. Pesawat udara Bravo AS-202 / 18A3 LM 2004 menggunakan bahan bakar AVIGAS 91/96 dengan angka 100/130 oktan yang terbang di kota Yogyakarta dengan 300 kaki dari permukaan laut pada suhu 30oC. Penelitian ini melihat papan panel instrumentasi di kokpit pesawat udara Bravo AS-202 / 18A3 LM 2004, sebagai altimeter, indikator rpm, tekanan manifold yang dapat dideteksi dan dipantau menggunakan pemantauan kondisi dengan analisis kinerja.

Tes kinerja biasanya dilakukan sebelum dan setelah penerbangan, sehingga kami dapat mengamati penurunan kinerja selama satu siklus bahan bakar serta efektivitas pemeliharaan saat perbaikan. Karena kita harus mengontrol beberapa parameter dan memeriksa pengaturan kapan pun kita ingin melakukan tes kinerja, kita tidak bisa melakukannya kapan saja. Dalam penelitian ini kami akan melakukan yang disederhanakan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada nol kaki dan kecepatan mesin tenaga 2.700 rpm, tekanan manifold 24,6 di Hg, daya engin sebagai 52 hp. Yang lain di ketinggian yang sama pada putaran mesin 2.700 rpm, tekanan manifold turun 23,2 dalam Hg dan tenaga mesin 51,66 hp. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada ketinggian yang lebih tinggi membuat tekanan manifold menurun tetapi dalam daya yang lebih besar, dan pada tekanan manifold yang besar, pertumbuhan tenaga mesin lebih rendah.

Pada ketinggian nol dan kecepatan engine 2700 rpm, tekanan manifold 23,2 Hg, dan tenaga mesin 55,75 hp, dan pada ketinggian 8000 kaki pada kecepatan mesin yang sama 2700 rpm, tekanan manifold sebagai 21,5 di Hg, mesin tenaga sebagai 51,66 hp., Yang berarti bahwa di ketinggian yang lebih tinggi tekanan berjenis menurun, dan mesin tenaga juga dalam kondisi lebih rendah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arismunandar, Wiranto; 1988, “Penggerak mula : motor bakar torak”, Edisi keempat cetakan kesatu, -Bandung : Penerbit ITB., Bandung.
Arismunandar, Wiranto; 2002, “Pengantar Turbin Gas dan Motor Propulsi”, Penerbit ITB., Bandung.
Arna Priyambada 2006, “Pengaruh perubahan Rpm terhadp efisiensi pada fan aksial”, Tugas Akhir, AKPRIND, Yogyakarta
Charles E. Otis, M. Ed, 1979, “Aircraft Gas Turbine Power Plant, And Aviation Maintenance Publishers”, Inc. Training Manual, USA
Cahyono, W., A., 2006, “Pengaruh Altitude Terhadap Efisiensi Thermal Dan Pemakaian Bahan Bakar Pada Pesawat Turboprop T-34C-Charlie”, Tugas Akhir, AKPRIND, Yogyakarta
Dwinnel, James H. l., 1949, “Principles Of Aerodinamics”, First Edition, USA, Mc Graww- Hill Book Company, Inc,
Febrianto, B., Nugroho, 2006, “Sistem Fuel Engine Pada Pesawat Bravo AS-202 / 18-A3 di Skadron Tehnik 043 Lanud Adisutjipto Yogyakarta”, Kerja Praktek, AKPRIND, Yogyakarta
Komando Pendidikan TNI AU; 1984, TECHNICAL TYPE RATING AS 202/18A3 Bravo, Lanud ADISUTJIPTO
Katalog Servis Tetap TNI AU; 2007, AS 202/18A3 Bravo, Lanud ADISUTJIPTO
Lanud Adi Sutjipto; 1990, “Sistem Navigasi Pesawat”,
Thriasz, Poeloeng, R., 2005, “Perbandingan Pengaruh Ketinggian Dan Pressure Ratio Pada Siklus Thermodinamika Turbin Gas” Tugas Akhir, AKPRIND, Yogyakarta
Team,-----, Periodic Inspection, SKATEK 043 Lanud ADISUTJIPTO
Wiliam W., Bathic, 1995, “Fundamental Of Gas Turbines”, Second Edition, USA.

Downloads

Published

2008-12-30

How to Cite

Muhajir, K. (2008). PENGARUH KETINGGIAN TERHADAP DAYA MOTOR PESAWAT BRAVO AS-202/18A3. Jurnal Teknologi, 1(2), 204–211. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/793