DETEKSI E-MAIL PALSU DENGAN MEMPERGUNAKAN HEADER E-MAIL

Authors

  • M. Didik R. Wahyudi Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

E-mail Palsu, Filtering E-mail, Keamanan E-mail

Abstract

E-mail merupakan media komunikasi untuk mengirim dan menerima pesan. Sebagai salah satu media yang paling sering dipakai untuk bertukar informasi, e-mail sangat rentan terhadap ancaman keamanan. Salah satu ancaman keamanan e-mail adalah dari aspek keaslian e-mail yang diterima. Kebiasaan user yang menerima e-mail adalah langsung membaca dan mempercayai dari mana datangnya e-mail tersebut dan apapun isi e-mail tersebut. Pengiriman e-mail yang dilakukan dengan teknik tertentu, dapat memanipulasi asal e-mail. Penerima e-mail akan mengira bahwa e-mail tersebut berasal dari seseorang yang sebagaimana terdapat pada header from. Hal ini dapat menimbulkan salah paham, sehingga akan merugikan banyak pihak yang sebenarnya tidak melakukannya.

Penelitian ini akan melakukan penelusuran terhadap ciri-ciri dan karakteristik e-mail palsu berdasarkan informasi yang terdapat pada header e-mail. Setelah e-mail palsu ini diidentifikasi, maka e-mail ini akan mendapat perlakuan khusus seperti ditandai atau bahkan langsung dihapus.

Identifikasi dilakukan dengan menguraikan header e-mail yang berisi semua informasi mengenai e-mail yang dikirimkan selanjutnya divalidasi dengan berbagai kriteria e-mail palsu yang sudah ditentukan diatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkinson, L., 1999, “ Core PHP Programming :using PHP to build dynamic Web sites”, Prentice Hall.
Bakken, S., S., Aulbach, A., etc., 1997-2001, “PHP Manual”, PHP Documentation Group.
Chalanset, N., Cahagne, O., 2000, “NOCC Web Mail”, http://sourceforge.net/projects/nocc
Crocker, David H., August 1982, "Standard For The Format Of Arpa Internet Text Messages", RFC 822.
Eaves,S., and Martin,G., October 14, 1999, “Electronic Mail”, http://www.whatis.com
Freed, N., Borenstein, N., November 1996, "Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME) Part One : Format of Internet Message Bodies", RFC 2045.
Palme, J., July 2002, “Common Internet Message Header Fields”, Stockholm University.
Raharjo, B. 2005, ”Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet Versi. 5.3.”, PT Insan Indonesia - Bandung & PT INDOCISC – Jakarta
Resnick, P., April 2001, “Internet Messages Format”, RFC 2822, QUALCOMM Incorporated.
Vreuls, J., February 2, 2002, “eCorrei A webbased E-mail solution”, http://ecorrei.sourceforge.net/

Downloads

Published

2008-12-30

How to Cite

R. Wahyudi, M. D. (2008). DETEKSI E-MAIL PALSU DENGAN MEMPERGUNAKAN HEADER E-MAIL. Jurnal Teknologi, 1(2), 119–126. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/780