ALTERNATIF HAND SANITIZER DARI KOMBINASI EKSTRAK DAUN KETAPANG DAN DAUN KEPAYANG SEBAGAI ANTISEPTIK ALAMI

Authors

  • Ardi Afriyadi Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi
  • Jihan Chairunnisya Puteri Subekti Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi
  • Yoga Pratama Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi
  • Edwin Permana Program Studi Kimia Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v13i2.3220

Keywords:

Daun Ketapang, Daun Kepayang, Hand sanitizer, Antibakteri, Narrative review

Abstract

Daun ketapang dan daun kepayang memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, alkaloid, tannin, triterpenoid, steroid, resin, saponin, kuinon, dan fenolik yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai antiseptik tangan alami. Ekstrak etanol daun ketapang (Terminalia catappa L.) dan daun kepayang (Pangium edule) telah terbukti memiliki aktivitas anti bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stabilitas dan aktivitas antibakteri dari kombinasi ekstrak etanol daun ketapang dan daun kepayang pada sediaan formulasi gel hand sanitizer dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli melalui target luaran berupa narrative review. Metode yang digunakan untuk mencapai target luaran (narrative review) adalah didasarkan pada literatur review. Dengan cara membuat analisis dan sintesis terhadap pengetahuan yang sudah ada terkait topik yang akan diteliti untuk menemukan ruang kosong (gaps) bagi penelitian yang akan dilakukan. Penelitian ini mengkaji tahapan ekstraksi dengan metode maserasi untuk memperoleh ekstrak etanol, lalu dilanjutkan dengan skrining fitokimia. Tahapan pengujian karakteristik sediaan gel hand sanitizer diantaranya: uji organoleptik dan uji pH, Kemudian dilanjutkan pengujian aktivitas antibakteri yang dilakukan dengan metode difusi disk. Berdasarkan dari hasil literatur review yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa kategori aktivitas antibakteri dari ekstrak daun ketapang dan daun kepayang termasuk kuat. Terdapat peluang yang cukup kuat jika kedua ekstrak daun dikombinasikan maka akan dihasilkan sifat antibakteri yang sinergis. Untuk hasil produk yang diusungkan penulis akan memiliki tampilan fisik yang serupa dengan hasil penelitian Doloksaribu dan Fitri (2017). Akan tetapi, penulis menduga bahwa terdapat perbedaan dalam tampilan warna produk yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, K. A. Putri, Suriani, Iswadi dan A. Ilyas. 2017. Pengaruh Kandungan Senyawa Pada Ekstrak Daun Ketapang n-Heksan, Etil Asetat, Metanol Dan Campuran Terhadap Nilai Efisiensi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). Al-Kimia. 5 (2):170-180.

Alim, M. K. 2017. Uji Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa) Sebagai Bahan Antifouling Alami Pada Plat Baja di Perairan PT Dok dan Perkapalan Surabaya. Skripsi. ITS. Surabaya

Allyn, O. Q., E. Kusumawati dan R. A. Nugroho. 2019. Antimicrobial Activity Of Terminalia Catappa Brown Leaf Extracts Against Staphylococcus Aureus ATCC 25923 And Pseudomonas Aeruginosa ATCC 27853. F1OOO Research.

Aswarita, R. 2013. Interaksi Ekstrak Daun Lidah Buaya (Aloe Vera L.) Dan Daun Jambu Biji (Psidium Guajava L.) Terhadap Daya Hambat Escherichia Coli Secara In Vitro. Jurnal EduBio Tropika. 1 (2):115-120.

Bakrie, Z., M. Hatta dan M. Nasrum. 2015. Deteksi Keberadaan Bakteri Escherichia Coli O157:H7 Pada Feses Penderita Diare Dengan Metode Kultur Dan PCR. JST Kesehatan. 5 (2):184-192.

Carwell, R. dan W. Daly. 2001. Strategies for The Costruction of A Critical Review of The Literature. Nurse Education in Practice. 1: 57-63.

Cicaningsih, A dan T. Cahyono. 2018. Komparasi Efektivitas Hand Sanitizer Alami “Ac” Dan Merk E Terhadap Penurunan Angka Kuman Pada Tangan Pekerja Di Labkesmas Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Keslingmas. 37 (3):364-373.

Davis, W.W dan T.R Stout. 1971. Disc Plate Methods of Microbiological Antibiotic Assay. Microbiology .22(4):659-665.

Doloksaribu, B. E dan K. Fitri. 2017. Formulasi Sediaan Gel Hand Sanitizer Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) Dan Biji Pepaya (Carica papaya L.). Jurnal Dunia Farmasi. 2 (1):50-58.

Heni, S. Arreneuz, dan T. A. Zaharah. 2015. Efektivitas Antibakteri Ekstrak Kulit Batang Belimbing Hutan (Baccaurea angulata Merr.) Terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. JKK. 4 (1):84-90.

Herli, M. A. dan I. Wardaniati. 2019. Skrining Fitokimia Ekstrak Etanol dan Fraksi Daun Ketapang yang Tumbuh di Sekitar Universitas Abdurrab, Pekanbaru. Journal of Pharmacy and Science. 2(2): 38-42.

Iswandana, R dan L. K. M. Sihombing. 2017. Formulasi, Uji Stabilitas Fisik, dan Uji Aktivitas Secara In Vitro Sediaan Spray Antibau Kaki yang Mengandung Ekstrak Etanol Daun Sirih (Piper betle L.). Jornal of Pharmaceutical Science and Research. 4 (3):121-131.

Muhammad, A dan S. Y. Mudi. 2011. Phytochemical Screening and Antimicrobial Activities of Terminalia catappa, Leaf Extract. Biokemistri. 23(1): 35-39.

Munira, Rasidah, E. Mellani, N. Zakiah dan M. Nasir. 2018. Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Ketapang (Terminalia Catappa L.) Warna Hijau Dan Warna Merah Serta Kombinasinya. Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product. 1 (2):3-5.

Neelavathi, P., P. Venkatalakshmi dan P. Brindha. Antibacterial Activities Of Aqueous And Ethanolic Extracts Of Terminalia Catappa Leaves And Bark Against Some Pathogenic Bacteria. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences. 5(1):3-6.

Pinta, W. A. Lolo dan P. V. Y. Yamlean. 2017. Identifikasi Kandungan Fitokimia Dan Uji Kadar Hambat Minimum Dan Kadar Bunuh Minimum Ekstrak Etanol Daun Pangi (Pangium Edule Reinw. Ex Blume) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli. Jurnal Ilmiah Farmasi Unsrat . 6 (3):260-267.

Packirisamy. P, Vijayalakhsmi Krishnamorthi. 2012. Evaluation of Proximate Composition and Phytochemical analysis of Terminalia catappa L. from Nagapattinam Region. International Journal of Science and Research. 3 (12):877-880.

Putri, M. A., M. E. Saputra, I. N. Amanah dan V. A. Vabiani. 2019. Uji Sifat Fisik Sediaan Gel Hand Sanitizer Ekstrak Daun Pucuk Idat (Cratoxylum glaucum) Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Pada Masyarakat. 3-4 September 2019, Pangkal Pinang, Indonesia. 39-40.

Ramdhani, A., M. A. Ramdhani dan A. S. Amin. 2014.Writing a Literature Review Research Paper:A Step-by-Step Approach. International Journal of Basics and Applied Sciences.3 (1): 47-56.

Redwik, D. U. W., Simbala, H. E dan Edy, H. J. Identifikasi Fitokimia dan Uji Daya Hambat Dari Ekstrak Etanol Tangkai Buah Pinang Yaki (Areca vestiaria giseke) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli Dan Pseudomonas aeruginosa. Pharmacon. 8 (4): 89-98.

Rohmani, S dan M. A. A. Kuncoro. 2019. Uji Stabilitas dan Aktivitas Gel Handsanitizer Ekstrak Daun Kemangi. Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. 1 (1):16-28.

Sakul, G., H. Simbala dan G. Rundengan. 2020. Uji Daya Hambat Ekstrak Etanol Daun Pangi (Pangium edule Reinw. ex Blume) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa. Pharmacon. 9 (2):3-6.

Sani, R. N., F. C. Nisa, R. D. Andriani dan J. M. Madigan. 2013. Analisis rendemen dan skrining fitokimia ekstrak etanol mikroalga laut (Tetraselmis chui). Jurnal Pangan dan Agroindustri. 2 (2):121-126.

Sanggel, M. J. 2018. Uji Aktivitas Antibakteri Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Ketapang (Terminalia Catappa L.) Dan Umbi Bawang Putih (Allium Sativum L.) Terhadap Shigella Dysenteriae. Skripsi.

Setiabudi, D. A dan Tukiran. 2017. Uji Skrining Fitokimia Estrak Metanol Kulit Batang Tumbuhan Klampok Watu (Syzygium litorale). Journal of Chemistry. 6 (3):155-160.

Sudewi S.,Lolo, W. A. 2016. Kombinasi Ekstrak Buah Mengkudu dan Daun Sirsak Dalam Menghambat Bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Jurnal Ilmiah Farmasi. 4 (2).

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

Ardi Afriyadi, Jihan Chairunnisya Puteri Subekti, Yoga Pratama, & Edwin Permana. (2020). ALTERNATIF HAND SANITIZER DARI KOMBINASI EKSTRAK DAUN KETAPANG DAN DAUN KEPAYANG SEBAGAI ANTISEPTIK ALAMI. Jurnal Teknologi, 13(2), 156–163. https://doi.org/10.3415/jurtek.v13i2.3220