PENGARUH ELECTRONIC CONTROL UNIT RACING DAN JENIS BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR 1 SILINDER 4 LANGKAH
Keywords:
ECU Standard, ECU Racing, Torsi, Daya, Konsumsi bahan bakarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jenis Electronic Control Unit (ECU) dan jenis produk bahan bakar bensin terhadap unjuk kerja sepeda motor 1 silinder-4 langkah. Jenis ECU yang diteliti adalah ECU Standard dan ECU racing. Sedangkah jenis produk bahan bakar yang digunakan adalah produk Pertamax, Shell, dan Total. Hasil penelitian menunjukan bahwa ECU Racing dapat meningkatkan torsi untuk ketiga produk bahan bakar dengan kenaikan rata-rata 1,4%. Torsi tertinggi didapat pada saat untuk produk Shell yaitu 12,50 lbf.ft pada putaran 4500 rpm. Pengunaan ECU Racing juga meningkatkan daya untuk ketiga produk bahan bakar dengan peningkatan rata-rata 1,07%. Daya terbesar pada produk Total yaitu 9,57 kW pada putaran 6500 rpm. Namun penggunaan ECU Racing meningkatkan konsumsi bahan bakar spesifik, akan tetapi tidak signifikan. Konsumsi bahan bakar terkecil pada bahan bakar Shell dengan nilai 0,0258 kg/kW.jam pada putaran 5000 rpm.Downloads
References
Fahni, F., 2014. “Perancangan dan Unjuk Kerja Engine Control Unit (ECU) Iquteche Pada Motor Yamaha VIxion”, Jurnal Teknik Pomits – Vol. 1, No. 1, 2013.
Maridjo, Ika, Angga, 2019, “Pengaruh Pemakaian Bahan Bakar Premium, Pertalite dan Pertamax Terhadap Kinerja Motor 4 Tak”, Jurnal Teknik Energi – Vol. 9, No. 1, November 2019.
Rosid, 2015, “Analisis Proses Pembakaran Sistem Injection Pada Sepeda Motor Dengan Menggunakan Bahan Bakar Premium dan Pertamax”, Jurnal Teknologi – Vol. 7, No. 2, Juli 2015.
Rusmono, Akhmad, Agus, 2016, “Pengaruh Jenis Bahan Bakar Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Injeksi”, Widya Teknika – Vol. 24, No. 2, Oktober 2016.
Saharuna, 2017, “Perbandingan Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Sistem Konvensional dan Sistem EFI”, Teknologi – Vol. 19, No. 1, April 2017.
Virjiawan, Paryono, Sumarli, 2016, “Pengaruh Penggunaan Injector Vixion dan ECU Racing Pada Sepeda Motor Yamaha MIO J Terhadap Daya Motor”, Jurnal Teknik Mesin – No. 2, Oktober 2016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.