IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS PADA SISTEM PERINGATAN KEAMANAN TOKO DARI PENCURIAN DAN KEBAKARAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS ARDUINO

Authors

  • Panggih Cahyo Prasetyo Mahasiswa Jurusan Rekayasa Sistem Komputer
  • Dwi Setyowati Jurusan Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND Yogyakarta
  • Ignatius Suraya Jurusan Rekayasa Sistem Komputer, Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v13i2.3214

Keywords:

Alat, Peringatan Kebakaran, Peringatan Pencurian, SMS Gateway

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama teknologi internet of things (IoT) merupakan salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi tingkat kriminalitas pencurian dan bencana kebakaran pada toko. Sehingga para pemilik toko mudah mendapatkan informasi jika terjadi pencurian atau kebakaran sehingga dapat melakukan penanganan dengan cepat dan efektif. Cara kerja sistem dari alat ini saat sensor api dan sensor passive infrared akan mendeteksi adanya inputan, jika sensor mendeteksi adanya inputan maka selanjutnya GSM module akan bekerja dengan mengirimkan pesan SMS ke nomor yang telah di tentukan dalam program. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah alat yang dapat digunakan untuk memberikan informasi peringatan dengan pesan SMS pada pemilik toko jika terjadi yala api atau pencurian di tokonya. Proses pembuatan alat ini melalui beberapa tahapan yaitu tahap perancangan sistem, tahap perangkaian, tahap pengujian. Pengujian dilakukan dengan menguji jarak deteksi dan besar objek. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat dapat mendeteksi nyala api sejauh 3 meter dan dapat mendeteksi pergerakan manusia sejauh 7 meter. Yang kemudian dapat mengirimkan pesan peringatan berupa SMS kepada nomor kontak tilepon yang telah di cantumkan ke dalam program. Sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi kebakaran besar karena terlalu lamanya penanganan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asita Shoman Muzaki, dkk, 2016. “Aplikasi Sensor Cahaya Untuk Alarm Anti Pencuri". Purwokerto Jurnal Infotel

B, Yandi Cahyadi, 2017. “Robot Pemadam Api Dengan Sistem Deteksi Dini ". Makasar Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kompas.com, 2020, “4 Fakta Kebakaran Ruko 2 Lantai Tewaskan 5 Orang, Korban Satu Keluarga hingga Diduga Korsleting”, https://makassar.kompas.com/read/2020/01/10/06500091/4-fakta-kebakaran-ruko-2-lantai-tewaskan-5-orang-korban-satu-keluarga-hingga?page=all diakses pada tanggal 10 Februari 2020 pukul 10.00 WIB.

Kristiyana, S. 2008. “Desain Dan Sistem Pengendalian Robot Beroda Pemadam Api”. Jurnal Teknologi.

Ramayani,Tiara.dkk, 2018. “Penerapan IoT (Internet Of Things) Untuk Pencegahan Dini Terhadap Kejahatan Begal". Jurnal RESTI.

TIRTO.ID, 2019, “Jakarta, Kota dengan 9 Kasus Pencurian Setiap Hari", https://tirto.id/dko5”, http://prince-mienu.blogspot.com/2010/01/fifo-dan-lifo.html diakses pada tanggal 10 Februari 2020 pukul 09.45 WIB.

Ulum, Khabib Bahrul, 2013. “Prototipe Sistem Peringatan dan Pemadam Kebakaran Berbasis Microcontroller ATMega16l". Yogyakarta. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Yuniantoro, Ego, 2017. “Alarm Anti Pencuri Berbasis Arduino ". Yogyakarta Akakom.

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

Panggih Cahyo Prasetyo, Dwi Setyowati, & Ignatius Suraya. (2020). IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS PADA SISTEM PERINGATAN KEAMANAN TOKO DARI PENCURIAN DAN KEBAKARAN MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS ARDUINO. Jurnal Teknologi, 13(2), 112-118. https://doi.org/10.3415/jurtek.v13i2.3214