PEMANFAATAN DATA WAREHOUSE UNTUK MENDUKUNG STRATEGIC SOURCING STUDI KASUS: BUMN ABC
DOI:
https://doi.org/10.3415/jurtek.v13i1.3017Keywords:
data warehouse, strategic sourcing, spend analysisAbstract
Proses Pengadaan Barang di BUMN telah diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER -08/MBU/12/2019 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Badan Usaha Milik Negara yang diteken pada 12 Desember 2019 serta diundangkan pada 16 Desember 2019 oleh Kementerian Hukum dan HAM. Pengadaan barang dan jasa adalah kegiatan untuk mendapatkan barang dan jasa yang dilakukan oleh BUMN yang pembiayaannya berasal dari anggaran BUMN, yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan, sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Namun demikian pengelolaan dan pemanfaatan data pengadaan masih menjadi permasalahan sehingga sulit dilakukan analisis strategis sourcing guna mendapatkan pengelolaan barang dan jasa secara efektif. Penelitian ini bertujuan memafaatkan teknologi data warehouse untuk mendukung strategic sourcing di salah satau BUMN , dalam hal ini BUMN PT. ABC. Sumber data peneltian ini berasal dari historical transaksi perencanan pengadaan yang dikenal dengan dokumen PR (Purcase Request) , PO (Purcase Order) dan Invoice dari setiap aktivitas pengadaan barang dan jasa. Data-data dari elektronik dan non elektronik diolah dengan teknologi data warehouse sehingga didapatkan berbagai output untuk mendukung strategic sourcingspend analysis dan supply method.
Downloads
References
Kimball. R & Ross. M. 2013. The Data Warehouse Toolkit. Indianapolis : Jhon Wiley & Sons, Inc.
Dwayne Q. Lyons,Thomas G. Maloney, and Brett M. Rodgers (2014). Strategic Sourcing And Spend Analysis: A Case Study Of The Naval Postgraduate School
Pandit, K., & Marmanis, H. (2008). Spend analysis: The window into strategic sourcing. Fort Lauderdale, FL: J. Ross.
Annual Report PT Pelindo II (2018), PT Pelindo II
https://www.cnbcindonesia.com/market/20191219165132-17-124506/erick-rilis-permen-bumn-wajibkan-penggunaan-barang-lokal
Valarie A., Parasuraman, A., & Berry, Leonard L. (1990), Delivering Quality Service : Balancing Customer Perceptions and Expectations, Free Press, 1990.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.