PENGORGANISASIAN KERJA SISTEM PARKIR MENGGUNAKAN ARSITEKTUR MICROSERVICE

Authors

  • Uminingsih Uminingsih Program studi Rekayasa Sistem Komputer, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Surya Dharma Handayani Program studi Rekayasa Sistem Komputer, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v13i1.2891

Keywords:

Microservice, RFID, organisasi kerja, sistem parkir

Abstract

Dimasa sebelumnya banyak konstruksi suatu system (sebuah alat) yang komplek menggunakan  arsitektur monolitik. Pada arsitektur ini digambarkan sebagai sebuah aplikasi yang menjalankan semua program logika dalam satu server aplikasi . Permasalahan yang timbul adalah bila terjadi gangguan kerjanya dari salah satu modulnya maka system secara keseluruhan harus di off kan saat terjadi perbaikan. Hal ini menimbulkan kerugian material dan waktu .Untuk mengatasinya digunakan arsitektur Microservice. Kelebihannya dapat membagi system yang komplek menjadi beberapa buah service kecil-kecil yang independent kerjanya, sehingga bila terjadi kerusakan pada salah satu servicenya ,maka saat memperbaikinya tidak perlu membongkar seluruh system yang ada.   Dengan arsitektur mcroservice dapat menghubungkan beberapa service walaupun dengan Bahasa yang berbeda beda.  Dalam penelitian ini mengambil obyek mesin parkir otomatis yang kerjanya  di organisir  menggunakan arsitektur Microservice . Sebagai output adalah berupa hasil uji kerja dari sistem parkir yang diatur berdasarkan arsitektur mikroservice . Keuntungan dari microservise adalah cukup dengan memperbaiki service mana yang terjadi gangguan itu saja pada saat sistem parkir ada masalah.. Hal ini telah berhasil dilakukan dengan cara menguji kerja masing masing service setelah terkoneksi dengan server dengan menggunakan struktur microservice . Selain itu juga dilakukan pengujian saat terjadi gangguan  dari salah satu servicenya. Telah dibuktikan bahwa pada saat salah satu service diperbaiki maka service-service lainnya dari sistem parkir tetap jalan normal.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

K..Katuwal.”Microservices: A Flexible Architecture for Digital Age Version 1.0”American Journal of Computer Science and Engineering, Volume3, September 2016 Pages 20-24.
Messina,Antonio,et.al (2016). A simplefiet Database Pattern for the Microservice Arsitecture.The Eight Internasional Conference on Advances in Database Knolage,and Data,and Applications.
N.Dragoni et al(2017,September 6) Microservicec:Yesterday,Today and Tomorow.[OnLine].Available:https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-67425-4-2 [Januari 15,2019]
Newman,S.(2015).Building Microservices, O,Reilly Media,Inc
NGINX, Inc. (2016). MICROSERVICE From Design to Deployment.
Purnama (2016), Menggunakan microservice dengan Node.Js, Skripsi AMIKOM Yogyakarta
Sathya (2017), Smart parking System based on RFID and GSM Tecnologi
Setiadi, H., Priyandari, Y., & Cahyono, S. I. (2017). Implementation of Parking System Based on Radio Frequency Identification at the Faculty of Engineering Sebelas Maret University. ITSMART, 6(1), 39-44.
Trisongko Suryo (2017), Pola komunikasi REST Service dengan format Javascript Obyect Notation(JSON), skripsi AMIKOM

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Uminingsih, U., & Handayani, S. D. (2020). PENGORGANISASIAN KERJA SISTEM PARKIR MENGGUNAKAN ARSITEKTUR MICROSERVICE. Jurnal Teknologi, 13(1), 27–35. https://doi.org/10.3415/jurtek.v13i1.2891