SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS STATUS GIZI BURUK BALITA DI DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA BERBASIS MOBILE ANDROID

Authors

  • Karina Rustikawati Mahasiswa Jurusan sistem Komputer
  • Dwi Setyowati Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND Yogyakarta
  • Nuniek Herawati Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Sains Terapan, IST AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i2.2703

Keywords:

SIG, Mobile Android, Website, Gizi Buruk Balita, Dinkes Kota Yogyakarta, HTML

Abstract

Gizi buruk adalah kondisi tubuh terparah yang mengalami kekurangan gizi dalam kurun waktu yang lama (menahun). Kasus gizi buruk pada anak atau balita di Indonesia sangat memprihatinkan. Banyaknya kasus gizi buruk bisa dilakukan pemetaan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Teknologi SIG yang sangat popular adalah menggunakan Google Maps API. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan sistem untuk mengimplementasikan SIG ke dalam web dan mobile di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta dan menyajikan data persebaran gizi buruk balita dalam bentuk maps di Mobile Android.

Pengumpulan data awal adalah dengan dengan survey ke Dinkes Kota Yogyakarta untuk mendapatkan data gizi buruk balita. Pada tahap perancangan sistem, penulis melakukan rancangan Database, Program Web dan Program Mobile. Pembuatan program menggunakan 2 tahap yaitu dengan membuat website menggunakan HTML, CSS, dan Javascipt. Dan pembuatan mobile menggunakan Monaca untuk membangun aplikasi hibrida HTML5 untuk ios, Android, dan Windows. Tahapan dalam pengujian dilakukan dengan menguji Load Time Page website di browser Mozila Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, dan Safari. Dan pengujian mobile di versi android 4.0 (Kitkat) sampai dengan versi 9.0 (Pie).

Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah program aplikasi berbasis mobile dan website untuk membantu petugas Dinkes Kota Yogyakarta dalam mengontrol dan menekan gizi buruk dan membantu Pengguna mobile (user) dalam melihat sebaran puskesmas yang menangani gizi buruk di wilayah Kota Yogyakarta dalam bentuk maps serta memberikan informasi mengenai jumlah data gizi buruk dan memberikan informasi cara pencegahan gizi buruk.

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adil, Ahmat. 2017. Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
.Anonymous. 2016. Sublime Text3 Software Review [Online]. Diakses di https://otherselfofme.wordpress.com/2016/03/16/sublime-text3-software-review/ (07 Maret 2019).
Hartono. 2007. Geografi Bumi dan Alam Semesta. Bandung; Penerbit Citra Praya.
Meri Enita Puspitasari, 2013, Peran Pemerintah Kota Dalam Menanggulangi Gizi Buruk Di Yogyakarta, Jurnal Dimensi Vol 2, No 2 (2013)
Motumona, Victor. 2016. Sistem Informasi Geografis Lokasi Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Mobile Android [Skripsi]. Yogyakarta (ID): Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta. (15 Mei 2019).
Nanang, Sundari. 2017. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Gizi Balita pada Dinas Kesehatan Kota Palembang [Skripsi]. Palembang (ID) : Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.
Portal Pemeritah Kota Yogyakarta Situs Resmi Pemerintah Kota Yogyakarta [Online] .Diakses di https: //www.jogjakota.go.id/pages/geografis (18 Maret 2019).
Putra, Narendra Hadi. 2016. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Daerah Gizi Buruk Di Kabupaten Lumajang [Seminar Informatika Aplikatif Polinema]. Diakses dihttp://Jurnalti.Polinema.Ac.Id/Index.Php/Siap2016/Article/View/ 62 (12 Januari 2019)

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Rustikawati, K., Setyowati, D., & Herawati, N. (2019). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS STATUS GIZI BURUK BALITA DI DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA BERBASIS MOBILE ANDROID. Jurnal Teknologi, 12(2), 153–158. https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i2.2703