ANALISIS HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT OPERATOR PAPER MACHINE DENGAN METODE FUZZY HEART

Authors

  • Endang Widuri Asih Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Winarni Winarni Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Dian Sekarini Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i2.2697

Keywords:

human error, HRA, Fuzzy HEART, HEP

Abstract

Persoalan mengenai keandalan manusia cukup besar. Keandalan manusia yang baik akan menentukan lingkungan kerja secara aman, sehat, dan sistem kerja optimal. PT. Pindo Deli adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan kertas. Perusahaan ini melibatkan berbagai macam mesin besar dan berbahaya, sehingga harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja pekerja. Berdasarkan data kecelakaan pada bulan Januari-Juni 2019 departemen PM 1-4 mengalami 10 kejadian kecelakaan kerja yang disebabkan oleh human error dengan rasio kecelakaan sebesar 65% dari seluruh kejadian human error yang ada di seluruh departemen. Pada paper machine 4, tercatat ada 3 kecelakaan kerja pada operator yang berbeda. Ketiga kecelakaan tersebut terjadi ketika operator sedang melakukan aktivitas menyambung kertas. Salah satu bentuk usaha untuk mengukur kontribusi tenaga kerja terhadap suatu risiko kerja adalah dengan salah satu metode Human Reliability Assessment (HRA) yaitu Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART). Penilaian menggunakan metode HEART terdapat ketidakpastian dalam penilaian risiko kesalahan dan keandalan manusia, sehingga membutuhkan logic fuzzy linguistic. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh human error dan menentukan tingkat error yang ditimbulkan menggunakan metode Fuzzy (HEART). Hasil penelitian menunjukkan pekerjaan yang menghasilkan nilai Human Error Probability (HEP) lebih dari 0,5 ada pada task 2.3 yaitu melempar kertas ke mesin calender sebesar 0,74 dan task 3.4 yaitu melempar kertas ke pope reel sebesar 0,59. Saran untuk task 2.3 adalah dengan menyediakan wearpack lengan panjang dan melakukan peregangan otot sebelum bekerja, sedangkan untuk task 3.4 harus mengecek keandalan seluruh alat sebelum digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Castiglia, F., dan Giardina, M., 2013, Analysis of Operator Human Errors in Hydrogen Refuelling Stations: Comparison Between Human Rate Assessment Techniques, International Journal, 38: 1166-1176.
Iridiastadi, H. dan Yassierli, 2016, Ergonomi: Suatu Pengantar, Bandung: Rosdakarya.
Kusumadewi, S., dan Hari, P., 2004, Aplikasi Logika Fuzzy untuk Mendukung Keputusan, Grha Ilmu: Yogyakarta.
Meister, D., 1976, Human Factors: Theory and Practice. John Wiley & Sons Inc: New York.
Peng-Cheng, L., dkk, 2010, Fuzzy Logic Based Approach for Identifying The Risk Importance of Human Error. Safety Science.
Prasetyo.H., dan Sutisna,U.,(2014), Implementasi Algoritma Logika Fuzzy untuk Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Menggunakan Mikrokontroler, Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo: Purwokerto.
Purwanto,dkk., 2014, Analisis Human Error Operator Mesin Ring Yarn Dengan Metode Human Error Assessment and Reduction Technique (HEART), Universitas Muhammadiyah Surakarta: Solo.
Rigby, L.V., 1970, The Nature of Human Error Annual Technical Conference Transations of the ASQC. American Society for Quality Control: USA.
Rohmawan,F. dan Palupi,D.R., 2016, Penggunaan Metode HEART dan JSA Sebagai Upaya Pengurangan Human Error Pada Kecelakaan Kerja di Departemen Produksi, Jurnal Teknik Industri (17)(1), Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Safitri,D.M.,dkk, 2015, Human Reliability Assessment dengan Metode Human Error Assessment and Reduction Technique Pada Operator Stasiun Shroud PT. X, Jurnal Rekayasa Industri (4)(1), Universitas Trisakti: Jakarta.
Widharto,Y.,dkk, 2018, Analisis Human Reliability Assessment Dengan Metode HEART (Studi Kasus PT. ABC). Universitas Dipenogoro: Semarang

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Asih, E. W., Winarni, W., & Sekarini, D. (2019). ANALISIS HUMAN RELIABILITY ASSESSMENT OPERATOR PAPER MACHINE DENGAN METODE FUZZY HEART. Jurnal Teknologi, 12(2), 137–145. https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i2.2697