SISTEM INFORMASI PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISTEM MANUFAKTUR DAN JASA

Authors

  • Dina Andayati Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri, IST AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i1.2232

Keywords:

Sistem Informasi Produksi, Kualitas Proses, Laporan

Abstract

Pengolahan data produksi adalah salah satu faktor yang memiliki peran sangat penting dalam membangun dan mengembangkan sistem informasi produksi. Selain itu, pengolahan data produksi juga menjadi hal yang sangat menentukan dalam pembuatan berbagai bentuk laporan produksi, yang pada akhirnya akan menjadi ukuran untuk menilai proses produksi yang terjadi di suatu industri manufaktur dan jasa. Pengolahan data pasien yang dilakukan secara manual merupakan suatu hal yang kurang efisien dan efektif, selain itu juga tidak mampu menjamin akurasi penghitungan, pengontrolan proses produksi yang berlangsung, rekapitulasi dan sistem laporan yang dihasilkan.

Perkembangan teknologi informasi yang pesat memungkinkan untuk melakukan pembuatan sistem informasi berbasis komputer, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis di bidang industri manufaktur dan jasa dalam mengelola data produksi. Uji coba perangkat lunak yang telah dilakukan diketahui bahwa program ini dapat dengan mudah dioperasikan, mempunyai alur kerja yang cukup jelas, menyediakan berbagai fasilitas yang sangat membantu pekerjaan user dalam melakukan kontrol produksi. Peningkatan proses produksi yang terjadi mencapai 60%. Selain itu, sistem informasi produksi ini juga dapat berfungsi sebagai masukan bagi manajemen perusahaan untuk proses pengambilan keputusan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri Nur Ikhsan, Titin Isna Oesman, Muhammad Yusuf, 2013, Optimalisasi Distribusi Produk Menggunakan Daerah Penghubung Dan Metode Saving Matrix, Jurnal Rekavasi Vol 1 Nomor 1.
Miktahul. Huda, 2011, Membuat Aplikasi Dengan Java dan MySQL”, Jakarta: Elex Media Kompitindo.
Santoso, Leo Willyanto, 2005, Penerapan metode design for production (DFP) untuk meningkatkan proses pengembangan produk, Seminar Nasional Perancangan Produk 2005, Yogyakarta.
Santoso, Leo Willyanto, 2004, Penggunaan Sistem Informasi berbasis komputer sebagai tahap awal siklus Pengembangan Produk, Seminar Nasional Otomasi II – The World of Automation 2004, Bandung,
Sondang P. Siagian, (2010), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Siti Aminah, Marisi Aritonang, Evy Sulistianingsih., (2015), Analisis Antrian Multi Channel Mutli Phasepada Antrian (M/M/C). Buletin Ilmiah Mat. Stat. Dan Terapannya (Bilmaster) Vol. 04, No. 2, Pontianak: Universitas Pontianak.
Sofyan Assauri, (2011), Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Revisi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, 20thed, Bandung: Alfabeta
Suhanda, Moch. Hariadi, M. Arief Soelaeman., (2010), Simulasi Antrian Kendaraan Pada Persimpangan Jalan Berbasis Multi Agent Menggunakan Logika Fuzzy, Jurnal Teknologi Informasi.
Tjuju Tarliah Dimyati dan Ahmad Dimyati, (2011), Operation Research (Model-Model Pengambilan Keputusan), Sinar Baru Algesindo, Bandung.
William J. Steveson dan Sum Chee Chuong. 2015. Manajemen Operasi Perspektif Asia, Edisi 9, Buku 1, Salemba Empat. Jakarta

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Andayati, D. (2019). SISTEM INFORMASI PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SISTEM MANUFAKTUR DAN JASA. Jurnal Teknologi, 12(1), 87–92. https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i1.2232