IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK MENENTUKAN KELAS CALON SISWA DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB

Authors

  • Uminingsih Uminingsih Program Studi Sistem Komputer, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Ign. Suraya Program Studi Sistem Komputer, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Isnanto Nugroho Program Studi Sistem Komputer, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i1.2159

Keywords:

Kelas, Bahasa Inggris, Klasifikasi, Algoritma C4.5, Web

Abstract

Kesulitan dalam belajar bahasa Inggris di sekolah memunculkan berdirinya beberapa lembaga kursus bahasa inggris.untuk membantunya. Banyaknya kelas/ jenjang serta factor percaya diri masing-masing siswa saat proses inisialisasi membuat calon siswa mengalami kesulitan dalam memilih kelas yang sesuai. Kesalahan dalam memilih kelas ini yang membuat kurang efektipnya penggunaan waktu dan biaya selama kursus. Implementasi algoritma C4.5 sangat mendukung untuk menentukan kelas calon siswa . Untuk memudahkan pengelolaan sistem seleksi dibuat berbasis web dengan menggunakan PHP, MySQL, dan CSS. Atribut yang digunakan adalah jumlah jawaban pada pertanyaan untuk klasifikasi dan kemampuan grammar calon siswa dengan kelas hasil adalah kelas Basic, Active, Pro, dan Ultimate. Hal ini karena untuk lembaga kursus yang tingkat advance. Dari proses klasifikasi algoritma C4.5 diperolah 12 rules dengan atribut grammar sebagai atribut utama. Dari 45 data uji diperoleh hasil kelas active sebanyak 16, basic 15, pro 8, dan ultimate sebanyak 6. Akurasi yang diperoleh dari aplikasi ini adalah sebesar 91,11% dengan jumlah data tepat prediksi sejumlah 41 data

 

Kata Kunci : Kelas, Bahasa Inggris, Klasifikasi, Algoritma C4.5, Web

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyani, R. (2017). Pengaruh dan harga bukti fisik terhadap kepuasan dan dampaknya pada loyalitas peserta didik (studi kasus terhadap peserta didik yang kursus di EPLC Bandung).
Ginanjar, A., Mabrur, & Lubis, R. (2012). Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kriteria Nasabah Kredit. Komputa Edisi 1, Vol 1,.
Hermawati, F. A. (2013). Data Mining. Penerbit Andi. Yogyakarta:
Kamagi, D. H., & Hansun, S. (2014). Implementasi Data Mining dengan Algoritma C4.5 untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa. Ultimatics Vol VI, No.1.
Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Nugroho, B. (2004). Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Gava Media.
Nugroho, Y. S. (2014). Klasifikasi Masa Studi Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Komuniti Volume VI, No.1.
Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Sunarfrihantono, Bimo. 2002. PHP Dan MySQL Untuk Web. Yogyakarta: Andi.
Wahyudi, D. (2003). Membuat Situs Menggunakan PHP Website. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Uminingsih, U., Suraya, I., & Nugroho, I. (2019). IMPLEMENTASI ALGORITMA DECISION TREE C4.5 UNTUK MENENTUKAN KELAS CALON SISWA DI LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB. Jurnal Teknologi, 12(1), 35–44. https://doi.org/10.3415/jurtek.v12i1.2159