APLIKASI A-TMP SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN TEMPE BERBASIS ANDROID DI CV. MAJU MAKMUR PANGAN

Authors

  • Erfanti Fatkhiyah Manajemen Informatika, FTI, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Galih Pradana Putra Manajemen Informatika, FTI, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1846

Keywords:

aplikasi mobile, pesanan, tempe, android

Abstract

Penelitian yang berjudul Pembuatan Aplikasi A-TMP Sebagai Media Promosi dan Penjualan Berbasis Android Di CV Maju Makmur Pangan ini membahas tentang perancangan sistem penjualan produk tempe berbasis android yang akan menampilkan informasi produk dan konsumen juga dapat melihat gambar produk dan harga produk terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Dalam sistem penjualan ini terdapat berbagai informasi mulai dari nama produk, gambar produk, stok produk, harga produk dan juga laporan penjualan produk.

Tujuan dari sistem ini adalah untuk membuat sistem penjualan dengan mengikuti perkembangan di zaman modern ini dengan memudahkan konsumen saat melihat informasi maupun melakukan pesanan tanpa harus datang langsung ke tempat. Dari segi tampilan interface user dan admin cukup mudah dipahami, karena dibuat dinamis dan sederhana. Aplikasi ini terdapat berbagai fungsi mulai dari user melakukan pemesanan, melihat lokasi pengiriman.

Adapun beberapa metode yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, metode studi pustaka dan pengumpulan data yang didapat saat observasi di Cv. Maju Makmur Pangan tersebut.

Hasil penelitian dari sistem penjualan ini yaitu tampilan aplikasi android yang akan memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan, melihat area lokasi pengiriman dan halaman info. Kemudian tampilan web yang akan memudahkan admin dalam mengelola data  konsumen, transaksi penjualan, cetak nota dan mengecek laporan penjualan produk.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alatas, Achmad Zakyy. 2013. Rancang Bangun Dan Implementasi Aplikasi Mobile Commerce Berbasis Android Di Toko Batik Qonita Pekalongan, Program Studi Teknik Informatika. Universitas Dian Nuswantoro
http://www.android.com.about/. Diakses pada 30 Februari 2018.
Nugroho, B., 2005, Database Relasional dengan MySQL, penerbit Andi, Yogyakarta
Safaat, H. 2011 (Edisi Revisi). Pemrograman Aplikasi Mobile Smarthphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika Bandung.
Sholih, Fachrul Barry. 2014. Perancangan Aplikasi Penjualan Batik Berbasis Android (Studi Kasus di Batik Puspa Kencana, Laweyan, Solo). Program Studi Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Winata, Anjar Dimas. 2017. Analisis Dan Prediksi Penjualan Produk Terlaris Distro “Root Shoes” Dengan Aplikasi Android. Program Studi Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Fatkhiyah, E., & Putra, G. P. (2018). APLIKASI A-TMP SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN TEMPE BERBASIS ANDROID DI CV. MAJU MAKMUR PANGAN. Jurnal Teknologi, 11(2), 155–161. https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1846