ANALISA LAJU PENGENDAPAN SEDIMEN DI PELABUHAN SUNDA KELAPA DENGAN MODEL SED2D

Authors

  • Novi Andhi Setyo Purwono Program Studi S1 Teknik Sipil Universitas Wijayakusuma Purwokerto
  • Ary Sismiani Program Studi S1 Teknik Sipil Universitas Wijayakusuma Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1836

Keywords:

pengendapan, sunda kelapa, model sed2d

Abstract

Pelabuhan merupakan fasilitas yang sangat penting dalam mendukung moda trasportasi laut, dimana transportasi laut sangat menunjang bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara serta menunjang keamanan dan keselamatan pelayaran. Untuk menunjang hal tersebut perlu didukung fasilitas demi lancarnya kegiatan yang berlangsung baik itu fasilitas pendukung dari sisi laut maupun fasilitas pendukung dari sisi darat. Permasalahan yang sering terjadi di alur dan kolam pelabuhan adalah angkutan sedimen baik dari sungai yang berada di sekitar maupun angkutan sedimen dari laut. Permasalahan sedimen merupakan masalah utama yang harus segera ditangani, apabila tidak akan berakibat pada penurunan kapasitas alur pelayaran dan kolam pelabuhan sehingga berdampak pada draf kapal maksimum yang diijinkan dapat kandas.

Hasil penelitian menunjukan bahwa laju pengendapan di kolam pelabuhan adalahPengendapan sedimen di dermaga kapal kargo pelabuhan Sunda Kelapa berkisar antara 0,07 meter sampai dengan 0,10 meter.Pengendapan sedimen di daerah dermaga kapal kayu berkisar antara 0,07 meter sampai dengan 0,09 meter.Untuk mengenbalikan kondisi kolam pelabuhan agar dapat dimusuki oleh kapal dengan draf maksimum sesuai dengan draf kapal rencana, kolam pelabuhan baik untuk kawasan kapal cargo maupun kapal kayu, harus dilakukan pengerukan dengan volume sedimen yang harus dikeruk untuk mendapatkan kedalaman rencana adalah 745.005 m3.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brigman Young University, User Manual Surface Water Modeling System Versi 8.0, Environmental Modeling Research Laboratory, Brigman Young University, 2002.
Chanson, H., The Hydraulics of Open Channel Flow: An Introduction, Elsevier Butterworth-Heinemann, 2004.
Chow, V, T., Open Channel Hydraulics, Mc Graw Hill Book Company Inc; New York, 1959.
Purwono NAS., Nizam., Triatmadja R., Analisa Model Matematik Hutan Cemara Laut dalam Mengurangi Penjalaran Tsunami, Prosiding Pertemuan Ilmiah Nasional Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI)XXXII, Malang, 2015.
PT. Budhi Cakra Konsultan, Draft Laporan Akhir Studi SID Pengerukan Alur Pelayaran/Kolam Pelabuhan Sunda Kelapa Provinsi DKI Jakarta, 2016.
Purwono NAS., Sismiani., A.Studi Perubahan Morfologi Sungai Serayu, Jurnal Ilmiah Teodolita Vol 19 No 1, Juni 2018.
Triatmodjo, B. 1999. Teknik Pantai. Beta Ofset. Yogyakarta.
Triatmodjo, B. 1999. Pelabuhan. Beta Ofset. Yogyakarta.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Setyo Purwono, N. A., & Sismiani, A. (2018). ANALISA LAJU PENGENDAPAN SEDIMEN DI PELABUHAN SUNDA KELAPA DENGAN MODEL SED2D. Jurnal Teknologi, 11(2), 133–142. https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1836