PENERAPAN BUSINESS PROCESS MANAGEMENT (BPM) (STUDI KASUS: PROSES BISNIS MENGEKSEKUSI DAN MENGELOLA RENCANA PENJUALAN DI DIVISI NIAGA PT PJB SERVICES)

  • Ristina Kusuma Ningtiyas Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Farida Pulansari Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Kinanti Resmi Hayati Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Proses Bisnis, Business Process Management (BPM)

Abstract

Proses bisnis merupakan perantara antara bisnis dengan teknologi informasi. Dengan adanya proses bisnis yang baik, dukungan teknologi informasi terhadap bisnis akan semakin jelas dan tepat. Proses bisnis melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dan membutuhkan sumber daya. Pengelolaan proses bisnis yang tepat dapat meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Pentingnya peran proses bisnis dalam suatu organisasi atau perusahaan yaitu berguna untuk menggerakkan bisnis menjadi semakin berkembang sangat cepat dan pesat. Penelitian ini menggunakan metode Business Process Management (BPM) yang memungkinkan perusahaan dapat memiliki cetak biru proses bisnis dan dapat menilai apakah proses bisnis yang sekarang berjalan sudah efektif dan efisien serta manajemen dapat melihat dengan detil dampak perubahan yang akan dilakukan baik dari sisi waktu dan biaya. Pada perhitungan simulasi proses saat ini yaitu prosedur standar pengendalian pelaksanaan pemasaran membutuhkan waktu 26.400 menit per bulan dengan biaya sejumlah 360.000.000 pertahun dan prosedur pengendalian kontrak pekerjaan jasa membutuhkan waktu 23.040 menit per bulan dengan biaya sejumlah 314.181.818,18 per tahun. Setelah dilakukan penerapan Business Process Management (BPM) untuk usulan proses bisnis yang baru yaitu prosedur mengelola pelaksanaan penjualan membutuhkan waktu 9,480 menit per bulan dengan biaya 129.272.727,27 per tahun dan prosedur mengelola settlement pelanggan membutuhkan waktu 14,400 menit per bulan dengan biaya 196.363.636,36 per tahun.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Bizagi. 2011. BPMN 2.0 - Business Process Modeling Notation Bizagi Process Modeler. Bizagi.
Footen, John dan Joey Faust. 2008. The Service-Oriented Media Enterprise: SOA, BPM, and Web Services in Professional Media Systems, Focal Press, Oxford USA.
Garimella, K., Less, M., dan Williams, B. 2008. BPM Basics for Dummies. Software AG Special Edition. Wiley Publishing, Inc., Indianapolis.
Hartono, Bambang. 2013, Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Jeston, John dan Johan Nelis. 2008. Business Process Management: Practical Guidelines to Successful Implementations. Elsevier Ltd, Oxford.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Penerbit Indeks, Jakarta.
Lawler, J.P., dan Howell-Barber, H. 2008. Service-Oriented Architecture: SOA Strategy, Methodology, and Technology, Taylor and Francis Group, Boca Raton, Florida.
McLeod, Raymond. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Rahmaji, Danang. 2013. Penerapan Activity Based Costing System untuk Menentukan Harga Pokok Produksi PT. Cilebes Mina Pratama, Jurnal EMBA, Vol. 1 No. 3. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010, Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan) Edisi ke 5. Penerbit Liberty, Yogyakarta.
Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Penerbit Lingga Jaya, Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Penerbit Bayumedia, Malang.
Taufiq, Rohmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Published
2018-06-29
How to Cite
Ningtiyas, R., Pulansari, F. and Hayati, K. (2018) “PENERAPAN BUSINESS PROCESS MANAGEMENT (BPM) (STUDI KASUS: PROSES BISNIS MENGEKSEKUSI DAN MENGELOLA RENCANA PENJUALAN DI DIVISI NIAGA PT PJB SERVICES)”, Jurnal TEKNOLOGI, 11(1), pp. 65-71. Available at: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1622 (Accessed: 22August2019).