STUDI POLA PEMBELANJAAN FAST MOVING CUSTOMER GOODS (FMCG) UNTUK EFEKTIVITAS TATA LETAK ITEM PADA TOKO RITEL (STUDI KASUS TOKO RITEL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
Keywords:
Customer Goods, Ritel, Algoritma Apriori, Frequent Item, Tata LetakAbstract
Saat ini bisnis ritel semakin berkembang, khususnya di Yogyakarta.Hal ini membuat persaingan pada bidang ini semakin ketat.Maka perlu strategi tertentu agar suatu toko ritel dapat bertahan dalam persaingan tersebut. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tata letak barang-barang yang dijual yang efektif. Metode yang dapat digunakan dalam menemukan pola pembelanjaan konsumen tersebut adalah Algoritma Apriori. Output yang diharapkan adalah kelompok barang-barang mana yang paling sering dibeli konsumen secara bersamaan (memiliki frequent pattern). Untuk barang-barang tersebut, tata letaknya hendaknya berdekatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa frequent item tertinggi adalah Air Mineral, Susu dan Olahan Susu, serta Buah dan Sayur. Ketiga item tersebut memiliki prioritas tertinggi untuk diletakkan berdekatan.
Downloads
References
Soliha, E 2008, ‘Analisis Industri Ritel di Indonesia’, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Volume 15, Nomor 2, pp. 128-142.
Supariyani, E dan Sahala, B 2013, ‘Pengaruh Tata Letak Terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Volume 1, Nomor 1, pp. 13-22.
Utomo, TJ 2010,’Lingkungan Bisnis dan Persaingan Bisnis Ritel’, Fokus Ekonomi, Volume 5, Nomor 1, pp. 70-80.
Andari, SN, Setyanto, NW, dan Efranto, RY
2013, ‘Alternatif Perbaikan Tata Letak Toko Persada Swalayan Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen dengan Metode Market Basket Analysis’, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, Volume 1, Nomor
3, pp. 441-453.
Cahyono, YT 2008, ‘Faktor-faktor Sebagai Pertimbangan Konsumen dalam Melakukan Pembelian di Supermarket’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 2, Nomor 1, pp. 111-131.
Duncan, Philips, dan Hollander 1981, Manajemen Toko Eceran, Balai Aksara, Jakarta.
Rahmawati, N, Nasution, YN, dan Amijaya, FDT 2017, ‘Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis untuk Menemukan Pola Pembelian di Toko Metro Utama Balikpapan’, Jurnal EKSPONENSIAL, Volume 8, Nomor 1, pp. 1-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.