STUDI POLA PEMBELANJAAN FAST MOVING CUSTOMER GOODS (FMCG) UNTUK EFEKTIVITAS TATA LETAK ITEM PADA TOKO RITEL (STUDI KASUS TOKO RITEL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

  • Mega Inayati Rif’ah Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Eka Sulistyaningsih Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Muhammad Khoirul Huda Jurusan Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Keywords: Customer Goods, Ritel, Algoritma Apriori, Frequent Item, Tata Letak

Abstract

Saat ini bisnis ritel semakin berkembang, khususnya di Yogyakarta.Hal ini membuat persaingan pada bidang ini semakin ketat.Maka perlu strategi tertentu agar suatu toko ritel dapat bertahan dalam persaingan tersebut. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat tata letak barang-barang yang dijual yang efektif. Metode yang dapat digunakan dalam menemukan pola pembelanjaan konsumen tersebut adalah Algoritma Apriori. Output yang diharapkan adalah kelompok barang-barang mana yang paling sering dibeli konsumen secara bersamaan (memiliki frequent pattern). Untuk barang-barang tersebut, tata letaknya hendaknya berdekatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa frequent item tertinggi adalah Air Mineral, Susu dan Olahan Susu, serta Buah dan Sayur. Ketiga item tersebut memiliki prioritas tertinggi untuk diletakkan berdekatan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Santoso, H, Hariyadi, IP, dan Prayitno 2016, ‘Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori’, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, STMIK AMIKOM, Yogyakarta, 6-7 Februari 2016, ISSN: 2302-3805, pp. 3.7-19 – 3.7-24.
Soliha, E 2008, ‘Analisis Industri Ritel di Indonesia’, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Volume 15, Nomor 2, pp. 128-142.
Supariyani, E dan Sahala, B 2013, ‘Pengaruh Tata Letak Terhadap Kepuasan Pelanggan Ritel’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Volume 1, Nomor 1, pp. 13-22.
Utomo, TJ 2010,’Lingkungan Bisnis dan Persaingan Bisnis Ritel’, Fokus Ekonomi, Volume 5, Nomor 1, pp. 70-80.
Andari, SN, Setyanto, NW, dan Efranto, RY
2013, ‘Alternatif Perbaikan Tata Letak Toko Persada Swalayan Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen dengan Metode Market Basket Analysis’, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, Volume 1, Nomor
3, pp. 441-453.
Cahyono, YT 2008, ‘Faktor-faktor Sebagai Pertimbangan Konsumen dalam Melakukan Pembelian di Supermarket’, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume 2, Nomor 1, pp. 111-131.
Duncan, Philips, dan Hollander 1981, Manajemen Toko Eceran, Balai Aksara, Jakarta.
Rahmawati, N, Nasution, YN, dan Amijaya, FDT 2017, ‘Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis untuk Menemukan Pola Pembelian di Toko Metro Utama Balikpapan’, Jurnal EKSPONENSIAL, Volume 8, Nomor 1, pp. 1-8
Published
2018-06-29
How to Cite
Rif’ah, M., Sulistyaningsih, E. and Huda, M. (2018) “STUDI POLA PEMBELANJAAN FAST MOVING CUSTOMER GOODS (FMCG) UNTUK EFEKTIVITAS TATA LETAK ITEM PADA TOKO RITEL (STUDI KASUS TOKO RITEL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)”, Jurnal TEKNOLOGI, 11(1), pp. 54-59. Available at: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1606 (Accessed: 22August2019).