PENGARUH TEMPERATUR, HOLDING TIME PROSES PACK CARBURIZING BAJA KARBON TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK

Authors

  • Mohammad Nurhilal Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Negeri Cilacap

Keywords:

pack carburizing, temperatur, holding time, sifat fisis dan mekanis

Abstract

Baja merupakan suatu material yang mempunyai peranan penting dalam dunia industri. Baja sering kali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan komponen mesin maupun bahan konstruksi. Untuk mendapatkan jenis material yang memiliki sifat-sifat yang dikehendaki dapat dilakukan dengan perlakuan kembali terhadap material dengan teknik yang terarah. Salah satu cara untuk mengubah sifat dari baja karbon adalah dengan metode pack carburizing. Penelitian ini memiliki tujuan menentukan harga kekuatan tarik, kekerasan, analisa struktur mikro pada proses pack carburizing variasi temperatur dan holding time, dan analisa komposisi baja karbon pada material dasar. Metode penelitian ini adalah eksperimen melalui pengujian laboratorium baja karbon dengan metode pack carburizing variasi temperatur dan holding time terhadap sifat fisik dan mekanik. Hasil pengujian kuat tarik material dasar sebesar 1,212 kN/mm2, sedangkan harga kuat tarik terbesar pada variasi temperatur 875 oC pada holding time 10 menit yaitu sebasar 8,27 kN/mm2. Hasil uji kekerasan material dasar sebesar 2,842 HV, sedangkan harga kekerasan terbesar pada variasi temperatur 875 oC pada holding time 10 menit yaitu sebasar 9,672 HV. Hasil uji struktur mikro terhadap material dasar adalah ferrit, perlite, dan martensite, sedangkan struktur mikro material setelah proses pack carburizing semua sama yaitu peralite dan martensite. Hasil uji komposisi terhadap material dasar yaitu material baja karbon tinggi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfani W. (2016). Pengaruh Variasi Temperatur Pada Proses Pack Carburizing Terhadap Ketahanan Aus Baja ST 41. Skripsi S1 Jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung.
Amstead B. H. (1979). Manufacturing Processes. Jhon wiley & Sons, New York.
Lakhtin Y. (1975). Engineering physical metallurgy, (Second edition). Foreign Language Publishing House. Moscow.
Zuchry. M. (2011). Pengaruh Suhu Karburasi dan Waktu tahan Terhadap Kekuatan Tarik Baja Karbon dengan Variasi Media Pendingin. Jurnal SMARTek. Vol.9. No.2.Hal. 122-127.
Setiamarga, B.H., Kurniawati, N., dan Rumendi, U. (2006). Pack Carburizing Pada Sprocket Sepeda Motor dengan Material Baja Karbon Rendah. Jurnal Teknik Mesin. Vol 21. No.1.
Smallman, R. E., dan Bhihop, R.J, (1976), “Metalurgi Fisik Modern & Rekayasa Material”, Alih Bahas Djaprie, S, Erlangga. Jakarta.
Smith, W.F. (1996). Principles of Material Science and Engineering, 3rd Edition, Mc-Graw-Hill Inc., New York.
Sudiro. (2013). Studi Pengaruh Carburizing Baja Karbon Rendah Dengan Media Arang dan Vareasi Holding (Penahanan Suhu) Terhadap Tingkat Kekerasan dan Keausan. Jurnal AUTINDO Politeknik Indonusa Surakarta. Vol. 1, No. 1.
Surdia, T. dan Saito. S. (992). Pengetahuan Bahan Teknik, Pradnya Paramita. Jakarta.
Vlack V. dan Djafrie. S. (1992). Ilmu dan Teknologi Bahan, Erlangga, Jakarta.
Wahid Suherman. (1998). Pengetahuan Bahan. ITS, Surabaya.

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Nurhilal, M. (2017). PENGARUH TEMPERATUR, HOLDING TIME PROSES PACK CARBURIZING BAJA KARBON TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK. Jurnal Teknologi, 10(2), 153–162. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1424