USULAN REDUKSI DIMENSI PENILAIAN KUALITAS JASA PADA KASUS DATA KUALITAS JASA E-COMMERCE DI INDONESIA
Keywords:
kualitas jasa, principal component analysis, reduksi dimensi, uji tandaAbstract
Salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah memetakan profil e-commerce di Indonesia, sebagai dasar kebijakan terkait dengan sektor tersebut. Untuk memetakan profil tersebut, digunakan kuesioner dengan jumlah item pertanyaan lebih dari 100, dan melibatkan lebih dari 1000 responden, sehingga data yang terkumpul sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi jumlah item pertanyaan pada kuesioner tersebut, dikhususkan pada bagian pertanyaan tentang penilaian kualitas jasa. Metode yang digunakan adalah principal component analysis (PCA). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa dari lima dimensi penilaian kualitas jasa (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty), dapat direduksi menjadi dua dimensi, yakni Responsiveness dan Assurance.
Downloads
References
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia 2015, Rencana Strategis Kementrian Perdagangan Tahun 2015-2019, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta.
Leksono, HS 2014, ‘Kebosanan Kerja: Peningkatan Stres dan Penurunan Kinerja Karyawan dalam Spesialisasi Pekerjaan’, Jurnal JIBEKA, Volume 8, Nomor 2, pp. 14-18.
Parasuraman, A, Zeithaml, VA, dan Berry, LL 1988, ‘SERVQUAL: a Multiple-ltem Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality’, Journal of Retailing, Volume 64, Nomor 1, pp. 12-40.
Parasuraman, A, Zeithaml, VA, dan Berry, LL 1985, ‘A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research’, The Journal of Marketing, Volume 49, Nomor 4, pp. 41-50.
Prakoso, I 2015, ‘Kominfo Petakan Bisnis e-Commerce’, diakses tanggal Juli 2017, <www.epeken.com>.
Sekaran, U 2006, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Tabachnick, BG, dan Fidell, LS 2001, Using Multivariate Statistics, 4rd Ed., Allyn & Bacon, Boston.
Walpole, RE, Myers, RH, dan Sembiring, RK (Alih Bahasa) 1995, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Penerbit ITB, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.