USULAN REDUKSI DIMENSI PENILAIAN KUALITAS JASA PADA KASUS DATA KUALITAS JASA E-COMMERCE DI INDONESIA

Authors

  • Mega Inayati Rif’ah Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND

Keywords:

kualitas jasa, principal component analysis, reduksi dimensi, uji tanda

Abstract

Salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah memetakan profil e-commerce di Indonesia, sebagai dasar kebijakan terkait dengan sektor tersebut. Untuk memetakan profil tersebut, digunakan kuesioner dengan jumlah item pertanyaan lebih dari 100, dan melibatkan lebih dari 1000 responden, sehingga data yang terkumpul sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi jumlah item pertanyaan pada kuesioner tersebut, dikhususkan pada bagian pertanyaan tentang penilaian kualitas jasa. Metode yang digunakan adalah principal component analysis (PCA). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa dari lima dimensi penilaian kualitas jasa (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty), dapat direduksi menjadi dua dimensi, yakni Responsiveness dan Assurance.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendro, G, Adji, TB, dan Setiawan, NA 2012, ‘Penggunaan Metodologi Analisa Komponen Utama (PCA) UNTUK Mereduksi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyakit Jantung Koroner’, Seminar Nasional “Science, Engineering and Technology”, pp. TE47-1 - TE47-5.
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia 2015, Rencana Strategis Kementrian Perdagangan Tahun 2015-2019, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Jakarta.
Leksono, HS 2014, ‘Kebosanan Kerja: Peningkatan Stres dan Penurunan Kinerja Karyawan dalam Spesialisasi Pekerjaan’, Jurnal JIBEKA, Volume 8, Nomor 2, pp. 14-18.
Parasuraman, A, Zeithaml, VA, dan Berry, LL 1988, ‘SERVQUAL: a Multiple-ltem Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality’, Journal of Retailing, Volume 64, Nomor 1, pp. 12-40.
Parasuraman, A, Zeithaml, VA, dan Berry, LL 1985, ‘A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research’, The Journal of Marketing, Volume 49, Nomor 4, pp. 41-50.
Prakoso, I 2015, ‘Kominfo Petakan Bisnis e-Commerce’, diakses tanggal Juli 2017, <www.epeken.com>.
Sekaran, U 2006, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Tabachnick, BG, dan Fidell, LS 2001, Using Multivariate Statistics, 4rd Ed., Allyn & Bacon, Boston.
Walpole, RE, Myers, RH, dan Sembiring, RK (Alih Bahasa) 1995, Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan, Penerbit ITB, Bandung.

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Rif’ah, M. I. (2017). USULAN REDUKSI DIMENSI PENILAIAN KUALITAS JASA PADA KASUS DATA KUALITAS JASA E-COMMERCE DI INDONESIA. Jurnal Teknologi, 10(2), 141–146. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1422