ANALISIS EFISIENSI KERJA PELAYANAN PEMBAYARAN REKENING AIR DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Authors

  • Suseno Suseno Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Sidha Rahmawan Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Teknologi Yogyakarta

Keywords:

Data Envelopment Analiysis, IKK, Efisiensi

Abstract

INTISARI

Air merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia sehingga mendapatkan air bersih merupakan bagian dari hak asasi manusia yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup. Di Indonesia Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan perusahaan BUMD yang ditunjuk negara sebagai penyedia air bagi masyarakat. PDAM sebagai perusahaan Negara, dituntut untuk berupaya meningkatkan pelayanannya dalam penyediaan air. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis tingkat efisiensi Ibu Kota Kecamatan (IKK) dari wilayah PDAM Klaten yang mempunyai variabel input dan output yang beragam secara kuantitatif dengan mengunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Analisis efisiensi metode DEA memerlukan parameter sebagai berikut: jumlah karyawan dan distribusi air sebagai input; sedangkan pelanggan, meter jual dan pendapatan sebagai output. Dari hasil penelitian didapat bahwa terdapat dua Ibu Kota Kecamatan (IKK) yang tidak efisien dari lima Ibu Kota Kecamatan (IKK) yang sebagian terdapat di PDAM Klaten. Perbaikan yang dapat dilakukan pada IKK delanggu dengan nilai efisiensi 0,661 adalah dengan melakukan penurunan target karyawan menjadi 9,177 ≈ 10 dan penambahan pelanggan menjadi 3.249 pelanggan sedangkan IKK prambanan dengan nilai efisiensi 0,497 adalah dengan melakukan penurunan target karyawan menjadi 5,885 ≈ 6 dan penambahan pelanggan menjadi 2.020 pelanggan. Dari penetapan perbaikan target tersebut diharapkan IKK Delanggu dan Prambanan dapat meningkatkan efisiensi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charnes, A., Cooper, W.W. and Rhodes, E., 1978. Measuring the Efficiency of Decision Making Units, European Journal of Operational Research 2, 429-444.
Jahanshahloo, G.R., F.H. Lot fi, M. Izadikhah. 2008. Extension of the TOPSIS Method for Decision-making Problems with Fuzzy Data. AppliedMathematicsand Computation 181. p. 1544–1551
Rutkauskas, J. And E. Paulaviciene. 2005. Concept of Productivity in ServiceSector. ISSN1392-2785 Engineering Economics. Vol. 43(3).
Santoso, Singgih., Riset Pemasaran, 2002. SPSS Statistik Multivariat. Penerbit Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
Siswanto,Opertion Research Jilid 1. 2004. Jakarta : Erlangga.
Suwandi, 2005. Pengaruh Kejelasan Peran dan Motivasi Kerja Terhadap EfektifanPelaksanaan Tugas Jabatan, Universitas Airlangga, Surabaya.
Warsito dan Suparno. 2008. Evaluasi Efesiensi Supply Chain Dengan Model Data Evelopment Analysis (DEA). Prosiding Seminar Nasional ManajemenTeknologi VIII. MMT-ITS. Surabaya.

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Suseno, S., & Rahmawan, S. (2017). ANALISIS EFISIENSI KERJA PELAYANAN PEMBAYARAN REKENING AIR DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). Jurnal Teknologi, 10(2), 115–120. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1418