RANCANG BANGUN MESIN PENCETAK GARAM BRIKET OTOMATIS DENGAN SISTEM CRANKSHAFT PENGGERAK MOTOR LISTRIK 2 PK

Authors

  • Ariawan Wahyu Pratomo Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang
  • Iwan Hermawan Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang

Keywords:

mesin, pencetak, garam briket

Abstract

Garam adalah produk strategis, karena hampir setiap orang menkonsumsi garam setiap hari. Industri garam di daerah Pati – Rembang biasanya memproduksi garam briket dan garam meja. UKM garam briket mencetak garam dengan dua metode yaitu manual dan menggunakan mesin pencetak garam. Permasalahan utama mesin pencetak yang digunakan UKM garam adalah kontruksi dan daya penggerak besar (5PK), butuh 2 operator serta tingkat keamanan operasionalnya rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan merancang bangun mesin pencetak garam yang efektif dan aman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan identifikasi kebutuhan dan spesifikasi mesin, membuat desain mesin pencetak garam, mengimplementasikan rancangan, menguji kinerja mesin, menguji produk yang dihasilkan, serta membuat analisa hasil pengujian.

Hasil penelitian ini adalah mesin pencetak garam dengan spesifikasi dimensi utama 100x100x150 cm, penggerak motor listrik 2PK, menggunakan 1 operator dan operasionalnya aman. Hasil pengujian kapasitas sekitar 450 garam briket/jam dengan satu cavity. Hasil pengujian produk hasil cetakan menunjukkan tingkat kepadatan yang hampir sama dengan mesin pencetak yang sudah ada dan lebih tinggi dari pencetakan manual.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hakim, Archit, Ariawan. 2012. Rancang Bangun Mesin Press Garam dengan Penggerak Motor Kopling. Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Mesin POLINES, Semarang
Hendrajana B dan Bagiyo Suwasono, 2010, Penerapan IPTEK untuk Pengembangan Model Kawasan Industri Garam Rakyat, Laporan Akhir Iptekmas, Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pesisir, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan), Jakarta.
Joseph E. Shigley dan Larry D. Mitchell, 1995, Perencanaan Teknik Mesin, Erlangga , Jakarta.
Khurmi, R.S & Gupta, J.K.2005. Textbook of machine design. Eurasia Publishing House (PVT.) LTD : New Delhi
PT. Garam, 2000, Teknologi Pembuatan dan Kendala Produksi Garam di Indonesia, Departemen Kelautan dan Perikanan.

Downloads

Published

2016-06-30

How to Cite

Pratomo, A. W., & Hermawan, I. (2016). RANCANG BANGUN MESIN PENCETAK GARAM BRIKET OTOMATIS DENGAN SISTEM CRANKSHAFT PENGGERAK MOTOR LISTRIK 2 PK. Jurnal Teknologi, 9(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1411