PERANCANGAN PRODUK APE DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Authors

  • Evendi Andrianto Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Trismawati Trismawati Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia
  • Yustina Suhandini Tj Universitas Panca Marga, Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1402

Keywords:

Industri bersih, Alat Permainan Edukatif (APE), Limbah Kayu, QFD

Abstract

Industri pengolahan kayu merupakan salah satu bidang industri perkayuan dalam pengolahan kayu gelondongan menjadi papan, reng, usuk, dan kusein, industri ini menghasilkan limbah sisa dalam bentuk serbuk, dan sisa kayu. Limbah kayu merupakan sebuah peluang potensi untuk dijadikan sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) untuk anak-anak usia dini. alat permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang dirancang khusus untuk membantu sekolah meningkatkan aspek perkembangan anak dengan cara menstimulasinya menggunakan alat permainan yang bernilai edukatif agar kecerdasan yang dimiliki oleh anak dapat berkembang secara optimal. Desain APE mengalami perkembangan, baik dari aspek bentuk maupun fungsi. Seiring perkembangannya jaman APE dibuat sesuai dengan minat anak-anak usia dini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat produk Alat permainan Edukatif berupa Puzzle dan Balok sesuai requirement dari penggunanya. Untuk mewujudkan tujuan itu digunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Alat Permainan Edukatif (APE) diharapkan dapat memberikan alternatif kegiatan bermain dan belajar anak yang bertujuan untuk meningkatkan kognitif anak pada saat belajar dan mengembangkan psikomotorik dalam hal bermain anak agar terampil mengatasi masalahnya secara mandiri dan membantu mendorong guru untuk dapat lebih kreatif membelajarkan anak dengan media yang menarik sehingga anak tidak mudah bosan pada saat belajar ataupun bermain.

Kata Kunci : Industri bersih, Alat Permaian Edukatif (APE), Limbah Kayu, QFD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Muhammad. 2016, Pengolahan Limbah Industri Dasar-dasar dan Aplikasi di Tempat Kerja. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Suryadi. 2007. Cara Efektif Memaham Perilaku Anak Usia Dini EDSA, Mahkota: Jakarta.
Syamsuardi. 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi. 2(1): 59-67
Hasanah Uswatun. 2007. Penerapan konsep quality function deployment (QFD) dalam meningkatkan kualitas dan mengembangkan produk sepeda motor honda karisma 125D. Laporan Penelitian. UNNES Semarang.
Adriantranti, Emmalia. 2008 Aplikasi Metode Quality Function Deployment(QFD) dalam Usaha Memenuhi Kepuasan Pelanggan terhadap Produk Aqua Gelas 240 ml pada PT. Tirta Investama Pandaan. Prosiding Seminar Nasional Teknoin Bidang Teknik Industri. 2008.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Andrianto, E., Trismawati, T., & Suhandini Tj, Y. (2018). PERANCANGAN PRODUK APE DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Jurnal Teknologi, 11(2), 116–120. https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1402