PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG: STUDI PADA PRODUK EATLAH

Authors

  • Wibawa Prasetya Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Unika Atma Jaya, Jakarta
  • Careen Yulius The London School of Public Relation-Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1399

Keywords:

Citra merek'kepuasan konsumen, kualitas produk, minat beli ulang

Abstract

Eatlah merupakan sebuah restoran yang menyajikan makanan yang dibaluri saus telur asin dengan makanan ciri khasnya yaitu ayam saus telur asin. Makanan ini merupakan makanan yang sedang populer di tren kuliner Indonesia. Eatlah terus berkembang dan berusaha untuk bertahan dalam persaingan bisnis makanan yang ketat. Kualitas produk dan citra merek merupakan faktor penting yang menentukan kepuasan konsumen, khususnya bagi pelaku bisnis yang menawarkan produk makanan. Kepuasan konsumen kemudian dapat berdampak kepada minat beli ulang. Tetapi usaha yang dilakukan Eatlah selama ini tidak menutupi kemungkinan adanya keluhan dan kekecewaan yang muncul dari para konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang studi pada produk Eatlah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik sampling Purposive Sampling. Data primer dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner online kepada responden dengan karakteristik yang ditentukan yaitu seluruh konsumen yang pernah mengkonsumsi Eatlah minimal dua kali di Jakarta berjumlah 140 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan program LISREL 8.70. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap citra merek tetapi tidak mempengaruhi kepuasan konsumen, sedangkan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dapat diketahui juga bahwa kualitas produk, citra merek dan kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriadi, A., & Untarini, N. (2013). (2013). Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan dan Citra Merek Telkom Flexi Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(2).
Ardhanari, M. (2012). Customer satisfaction pengaruhnya terhadap brand preference dan repurchase intention private brand. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 58-69.
Badan Pusat Statistik. (2017). Rata-Rata Pengeluaran per Kapita Sebulan di Daerah Perkotaan Menurut Provinsi dan Kelompok Barang (Rupiah), 2007-2015. Diakses 10 Oktober 2017, dari
https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/940
Bungin, H. M. B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. (edisi pertama). Jakarta: Prenada Media Group.
Christianto, E. (2013). Faktor yang memengaruhi volume impor beras di indonesia. Jurnal JibekaVolume, 7(2), 38-43.
Faradiba, F., & Astuti, S. R. T. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Warung Makan “Bebek Gendut” Semarang). Diponegoro Journal of Management, 59-69.
Faradisa, I., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS CAFÉ). Journal of Management, 2(2).
Hanaysha, J., Hilman, H., & Abdul-Ghani, N. H. (2014). Direct and indirect effects of product innovation and product quality on brand image: Empirical evidence from automotive industry. International Journal of Scientific and Research Publications, 4(11), 1-7.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 4(2).
IDN TIMES. (2017). Resep Salted Egg Chicken, Rasanya Lebih Enak daripada Restoran. Diakses 11 Januari 2018, dari
https://food.idntimes.com/recipe/birgitta-angie/resep-salted-egg-chicken-hits/full
Kemenperin RI. (n.d.). Tumbuh 9,46 Persen, Industri Mamin Kontributor Terbesar PDB Manufaktur. Diakses 20 Maret 2018, dari
http://www.kemenperin.go.id/artikel/18384/Tumbuh-9,46-Persen,-Industri-Mamin-Kontributor-Terbesar-PDB-Manufaktur
Kurniawati, D., & Suharyono & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2).
Kusdyah, I. (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25-32.
Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Latan, H. (2013). Structural Equation Modeling: Konsep dan Aplikasi, Menggunakan Program Lisrel 8.80. Bandung: Alfabeta.
Lenzun, J. J., Massie, J. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59-70.
Rizan, M., & Andika, F. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pelanggan Suzuki, Dealer Fatmawati, Jakarta Selatan). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 2(2), 130-150.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1-22.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. (edisi pertama). Jakarta: KENCANA PRENADAMEDIA GROUP.
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen, Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran, Teori & Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugianto, J., & Sugiharto, S. (2013). Analisa pengaruh service quality, food quality, dan price terhadap kepuasan pelanggan restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-10.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2017). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Keempat, Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wijanto, S. H. (2015). Metode Penelitian menggunakan Structural Equation Modelling dengan Lisrel 9. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Yamin, S. (2014). Rahasia Olah Data Lisrel, Seri Buku Statistik: Structural Equation Modeling untuk Pemula. (edisi asli). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Prasetya, W., & Yulius, C. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG: STUDI PADA PRODUK EATLAH. Jurnal Teknologi, 11(2), 92–100. https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1399