PEMETAAN UKM KULINER KOTA SURAKARTA BERDASARKAN STATUS SERTIFIKASI HALAL

Authors

  • Ida Giyanti Universitas Setia Budi
  • Erna Indriastiningsih Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1396

Keywords:

sertifikasi halal, statistika deskriptif, UKM

Abstract

Status kehalalan produk, terutama produk makanan dan minuman, menjadi hal paling mendasar bagi konsumen muslim. Sementara bagi produsen, status halal diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk di pasaran lokal maupun global. Namun demikian, produsen makanan dan minuman, terutama dari kalangan pelaku UKM, masih sangat sedikit yang telah mendaftarkan produknya untuk mendapatkan status halal resmi dari LPPOM-MUI. Sampai dengan tahun 2017, terdapat 1224 UKM kuliner yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM kota Surakarta. Namun demikian, data tersebut belum terintegrasi dengan data sertifikasi halal dari LPPOM-MUI Jawa Tengah. Untuk itu diperlukan suatu kajian untuk memetakan kondisi UKM kota Surakarta berdasarkan status sertifikasi halal. Metode yang digunakan untuk analisis ialah statistika deskriptif. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa baru 48 UKM atau 3,92% UKM yang telah mendapatkan sertifikasi halal. Dari jumlah tersebut, terdapat 18 UKM yang mendapatkan program fasilitasi dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan pengurusan sertifikasi halal secara gratis. Berdasarkan masa berlaku sertifikat halal, dari 48 UKM yang pernah mendapatkan sertifikat halal, terdapat 28 UKM yang sertifikat halalnya masih dinyatakan valid hingga tahun 2018/2019. Sementara itu, dari 18 UKM yang mendapatkan fasilitasi dari pemerintah dalam pengurusan sertifikasi halal, hanya 3 UKM yang sertifikat halalnya masih dinyatakan valid hingga tahun 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai potret UKM kota Surakarta berdasarkan status sertifikasi halal. Selanjutnya, hasil pemetaan ini dapat digunakan sebagai acuan bagi pemerintah kota Surakarta untuk merancang program yang mampu mendorong percepatan perolehan sertifikasi halal bagi pelaku UKM.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, M., Ismail, H., Mustapha, M., & Kusuma, H. (2013). Indonesian Small Medium Enterprises (SMEs) and Perceptions on Halal Food Certification. African Journal of Business Management , 7 (16), 1492-1500.
Anas, T., Narjoko, D. A., Simangunsong, A., Sari, Y. R., Manullang, N., Purwanti, W., et al. (2015). Pemetaan dan Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi MEA 2015 dan Pasca MEA 2015. Working Paper.
Golnaz, R., Zainalabidin, Mad Nasir, & Chiew, F. C. (2010). Non-Muslims Awareness of Halal Principles and Related Food Products in Malaysia. International Food Research Journal , 17, 667-674.
Maryati, T., Syarief, R., & Hasbullah, R. (2016). Analisis Faktor Kendala dalam Pengajuan Sertifikat Halal (Studi Kasus: Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Makanan Beku di Jabodetabek). Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan , 4 (3), 364-371.
Mathew, V. N., Raudah, A. M., & Nurazizah, S. (2014). Acceptance on Halal Food among Non-Muslim Consumers. Procedia Social and Behavioral Sciences , 121, 262-271.
Nooh, M. N., Nawai, N., Dali, N. R., & Mohammad, H. (2007). Halal Certification: What the SME Producers Should Know. Proceedings of the 1st Enterpreneurship & Management International Conference. Kangar, Perlis.
Prabowo, S., Rahman, A. A., Rahman, S. A., & Samah, A. A. (2015). Revealing Factors Hindering Halal Certification in East Kalimantan Indonesia. Journal of Islamic Marketing , 6 (2), 268-291.
Rafiki, A. (2014). Determinants on the Obtainment of Halal Certification Among Small Firms. World Applied Sciences Journal , 32 (1), 47-55.
Raihana, F., & Kauthar. (2014). Perception of Non-Muslim Consumers towards Halal Products in Malaysia. International Journal of Accounting and Business Management , 2 (1), 128-133.
Talib, M. S., Hamid, A. B., & Chin, T. A. (2015). Motivations and Limitations in Implementing Halal Food Certification: A Pareto Analysis. British Food Journal , 117 (11), 2664-2705.
Tawil, N. M., Ramlee, S., Jaafar, J., & Saat, F. M. (2015). An Overview of Foodpreneur Awareness among Small and Medium-Sized Enterprises (SME) of Halal Certification. Asian Social Sciences , 11 (21), 91-94.
Viverita, Kusumastuti, R. D., & Rachmawati, R. (2017). Motives and Challenges of Small Businesses for Halal Certification: The Case of Indonesia. World Journal of Social Sciences , 7 (1), 136-146.

Downloads

Published

2018-12-28

How to Cite

Giyanti, I., & Indriastiningsih, E. (2018). PEMETAAN UKM KULINER KOTA SURAKARTA BERDASARKAN STATUS SERTIFIKASI HALAL. Jurnal Teknologi, 11(2), 87–91. https://doi.org/10.3415/jurtek.v11i2.1396