PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN BEASISWA DENGAN METODE FACTOR RATING : STUDI KASUS BEASISWA KOPERTIS

  • Amelia Fahmawati Subiyanto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Nisrina Fathnin Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Rizky Alif Oktaviani Hariyono Putri Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
  • Rayinda Pramuditya Soesanto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Universitas Telkom
Keywords: sistem pendukung keputusan, sistem informasi berbasis web, factor rating, beasiswa

Abstract

Beasiswa merupakan bentuk pemberian materi yang tujuannya adalah untuk memberi keringanan dalam pembayaran biaya perkuliahan bagi seseorang yang kurang mampu. Universitas Telkom selaku lembaga pendidikan tingkat tinggi memegang peran penting terhadap kelancaran proses belajar mengajar bagi mahasiswanya sehingga perlu adanya bantuan berupa beasiswa bagi mahasiswanya yang kurang mampu atau bahkan bagi mahasiswanya yang memiliki prestasi lebih sebagai suatu bentuk apresiasi. Pada penelitian ini penulis ingin membuat suatu sistem infromasi berbasis web untuk mempermudah pendaftaran beasiswa dan sistem pendukung keputusan dalam menentukan penerima beasiswa yang tepat dengan menggunakan metode factor rating dengan batasan Beasiswa Kopertis (beasiswa internal) Universitas Telkom sebagai studi kasus yang diteliti. Factor rating merupakan metode yang menentukan sebuah daftar berisi faktor-faktor yang relevan seperti IPK (indeks prestasi kumulatif), prestasi, dan gaji orang tua. Perancangan sistem pendukukung keputusan penentuan beasiswa dengan sudah dibuat memberikan sebuah rekomendasi keputusan mengenai daftar mahasiswa yang layak mendapatkan beasiswa sesuai dengan persyaratan yang ada, dengan memberikan hasil urutan sesuai dengan ranking yakni yang memiliki bobot paling tinggi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwipranata, D., & dkk. (2015). Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Produktivitas Lahan Perkebunan PT Cahya Vidi Abadi Unit Kebun Cahya Selatan. Jurnal Informatika Universitas Bina Darma.
Erfaim, T., & dkk. (2005). Decision Support System and Intelligent System. Yogyakarta: Andi.
Heizer, J., & Render, B. (2008). Operation Management 9th Edition. Jakarta: Salemba Empat.
Nurhasanah. (2017). Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Smart. Jurnal Sistem Pendukung Keputusan, 60-66.
Safitri, S. T., & Supriyadi, D. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan Berbasis Web dengan Metode Waterfall. Jurnal Infotel, Vol.7 No.1.
Suryad, K., & Ramdhani, M. A. (1998). Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana
Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
University, B. P. (2015). Pedoman Pendidikan Telkom University. Bandung: Telkom University.
Yusman. (2018, Mei 18). Studi Kelayakan Bisnis. Retrieved from Universitas Mercu Buana: http://pksm.mercubuana.ac.id
Published
2018-06-29
How to Cite
Subiyanto, A., Fathnin, N., Hariyono Putri, R. A. and Soesanto, R. (2018) “PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN BEASISWA DENGAN METODE FACTOR RATING : STUDI KASUS BEASISWA KOPERTIS”, Jurnal TEKNOLOGI, 11(1), pp. 31-37. Available at: https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1393 (Accessed: 22August2019).