STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ATLAS PROJECT METHOD

Authors

  • Petrus Wisnubroto Teknik lndustri, Fakuttas Teknologi lndustri lnstitut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Muhammad Yusuf Teknik lndustri, Fakuttas Teknologi lndustri lnstitut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Joao Mario Freitas Teknik lndustri, Fakuttas Teknologi lndustri lnstitut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Strategi Pemasaran, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan   PT.   Madubaru dalam pengelola bauran pemasaran (Marketing Mix)  yang  terdiri  dari  produk I product,  harga I  price, promosi I promosition,  dan tempaVplace, mengetahui  upaya-upaya yang dilakukan PT. lndustri Madubaru dalam meningkatkan volume penjualan gula kemas dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan gula  kemas PT. lndustri Madubaru.

Metode yang  digunakan  dalam  penelitian ini adalah  metode  uji  validasi  yang  bersifat mengkorelasikan tlap skor  butir dan  uji  reliabiliats mengetahul  tingkat konsisten  darl jawaban dengan bentuk penelitian analisis  dokumen atau analisis isi laporan.

Dari hasil penelitian  yang dilakukan  maka dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi yang dilakukan PT. Madubaru dengan memerankan strategi pemasaran, yaitu ; (1) Produk, berupa gula kemas di  tahun 2011   total  75.733.142,  dan total penjualan tahun 2012   dengan rata- rata 270.

934.025; (2) Harga, dalarn memutuskan harga jual produk dengan biaya promosi 12.59; (3) Tempat; berlokasi  didaerah  Kabupaten  Bantul,    Daerah  lstimewa  Yogyakarta;  (4)  Promosi;    dengan memasang iklan dikoran, menyebarkan kartu nama dan menyebarkan brosur.

Kata kunci : Strategi  Pemasaran , SWOT

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jilid 2. Jakarta. lndeks
Amrullah, 2004. Penentuan Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan, IST AKPRIND Yogyakarta.
Basu Swastha, D.H 2006, Manajemen Pemasaran. Modern, Edisi kedua, Yogyakarta, Liberty
Boseman, 2005 Penetapan Altematif Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Dengan Metode SWOT Pada PT. Budi Makmur Jaya Murni. IST Akprind Yogyakarta.
Dolan, R.J, 1991, Strategic Marketing Management, Boston, : Business School Pulication
Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Sadan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Nusriani, 2000. Penetapan Alternatif Strategi Pemasara Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan, i IST AKPRIND Yogyakarta.
Supriyono R.A. 2005. Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis, Edisi I, Cetakan keenam, penerbit BPFE, Yogyakarta
Swanda, (2005), Perencanaan Strategi Pemasaran Pelumas dengan Strategi Kuantitatif (MPSK) dan Analisis SWOT, Skripsi

Downloads

Published

2013-12-31

How to Cite

Wisnubroto, P., Yusuf, M., & Freitas, J. M. (2013). STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ATLAS PROJECT METHOD. Jurnal Teknologi, 6(2), 161–168. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1247