PROTOTYPE AUTOMATIC TRANSFER SWITCH RUMAH TINGGAL SEDERHANA

Authors

  • Gatot Santoso Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Slamet Hani Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

automatic transfer switch, aki, power inventer, kontrol

Abstract

Pembuatan penelitian ini didasarkan pada keinginan untuk mempermudah kebutuhan manusia dalam memberikan ketersediaan energi listrik setiap saat terutama pada rumah tinggal yang sederhana maupun menengah ke atas. Sumber tegangan listrik utama dari PLN tidak akan selamanya kontinyu dalam penyaluranya, suatu saat pasti akan terjadi pemadaman yang kemungkinan dapat disebabkan oleh gangguan alam maupun gangguan pada sistem distribusi. Untuk mengantisipasi pemadaman tersebut maka dibuatlah sebuah prototype autamatic transfer switch (ATS) pada rumah tinggal sederhana dengan bentuk sebenarnya baik pada rangkaian kontrol, instalasi kelistrikan pada beban maupun rangkaian kontrol serta bentuk rumah yang didesain sesuai keadaan nyata. Rangkaian ATS ini berupa sebuah rangkaian kontrol perpindahan beban otomatis dari sumber PLN dan aki melalui power inverter sebagai perubah tegangan DC ke AC yang bekerja secara bergantian ketika salah satu sumber padam. Aki akan terisi kembali melalui rangkaian charger ketika sumber utama PLN hidup kembali. Pengaturan waktu tunda pada rangkaian ATS ini dapat disetting sesuai kebutuhan beban sehingga didapatkan nilai waktu perpindahan yang efektif dan efisien. ATS ini juga dilengkapi pengaman arus beban lebih dan hubung singkat yang berfungsi sebagai pengaman pada rangkaian dari gangguan sistem kelistrikan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standarisasi Nasional, 2000, Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000, Jakarta.
Enggar T., Santoso, Maradu S., Suripto, 2011, Perancangan Dasar Sistem Automatic Main Failure dan Automatic Transfer Switch untuk Ruang Pertemuan Gedun 71, Prosiding Pertemuan Ilmiah Rekayasa Perangkat Nuklir PRPN-BATAN.
Indrawan, AW., Hamma, 2012, Perancangan Panel ATS/AMF Berbasis Mikrokontroler, ELEKTRIKA, Vol 2, hal 166-176.
Olatomiwa, L., and Olufadi, R., 2014, Design and Development of a Low Cost Automatic Transfer Switch (ATS) with an over-voltage Protection, diakses tanggal 17 Mei 2016.
Oritselaju M.O., and Oladipo, F., 2015, Automatic Transfer Switch With Three Phase Selector, diakses tanggal 17 Mei 2016.
Petruzella, F.D., 1996, Industrial Electronics, Edisi ke 2, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Suhana, N., 2002, Seri Teknik Rangkaian Kontrol Panel, Penerbit ITB Bandung.
Suryatmo, F., 1995, Teknik Listrik Arus Searah, Edisi ke-3, Bumi Aksara, Jakarta.
Paul, D., et al, 2013, Performance Evaluation and Operation of Auto Load Transfer Switch, diakses tanggal 17 Mei 2016.
Susanto, Eko, 2013. Automatic Transfer Switch, diakses tanggal 17 Mei 2016.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Santoso, G., & Hani, S. (2017). PROTOTYPE AUTOMATIC TRANSFER SWITCH RUMAH TINGGAL SEDERHANA. Jurnal Teknologi, 10(1), 81–89. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1171