EVALUASI KINETIKA REAKSI PEMBUATAN ALUMINIUM HIDROKSIDA DARI TAWAS DAN AMONIUM HIDROKSIDA

Authors

  • Ani Purwanti Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

aluminium hidroksida, ammonium hidroksida, tawas, kinetika

Abstract

Aluminium hidroksida mempunyai banyak kegunaan dalam bidang industri, misalnya di industri keramik, industri kosmetik dan lain-lain, yang dalam prosesnya menggunakan bahan – bahan tersebut. Aluminium hidroksida merupakan hasil reaksi antara tawas dengan NH4OH dalam labu leher tiga dengan suhu tertentu, sambil dilakukan pengadukan konstan, setelah waktu yang diinginkan tercapai, endapan diambil lalu disaring untuk memisahkan filtratnya, kemudian endapan tersebut dikeringkan dalam oven pada suhu 1100C sampai beratnya konstan. Endapan yang telah dikeringkan diambil, sebagian untuk dianalisis kadar aluminiumnya untuk dapat mengetahui konversinya. Pada penelitian ini bahan yang digunakan adalah 25 g tawas yang telah dihaluskan dan 75 mL NH4OH 21 % dengan kecepatan pengadukan 600 rpm, pada suhu 55 0C (suhu tertinggi pada penelitian ini), sehingga diperoleh nilai konstanta kecepatan reaksi 2,31 x 10-4  ml-1/menit dan merupakan reaksi orde dua (orde satu terhadap  Al2(SO4)3 dan orde satu terhadap NH4OH ).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chang, R. (1980). Industrial Chemicals 4 ed. Los Angeles: Departement of Chemical, Williams College.
Kirk, R. E., & Othmer, D. F. (1964). Encyelopedia of Chemical Technology. New York: The International Publisher of John Willey and Sons Inc.
Levenspiel, O. (1971). Chemical Reaction Engineering, 2 ed. Departement of Chemical Engineering, Oregon State University: New York.
Perry, R. H., & Green. (1970). Chemical Reaction Hand Book. New York: Mc Graw – Hill International Edition.
Raharja, A. (1985). Teknologi Penjernihan Air dan Perekembangan Teknik Koagulasi, Ed I. Jakarta: P.T. Perintis Anugrah Water Treatment Chemical.
Smith, J. M. (1981). Chemical Engineering Kinetics. US: McGraw-Hill Inc.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Purwanti, A. (2017). EVALUASI KINETIKA REAKSI PEMBUATAN ALUMINIUM HIDROKSIDA DARI TAWAS DAN AMONIUM HIDROKSIDA. Jurnal Teknologi, 10(1), 53–58. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1167