RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOSAINS (ILMU KEBUMIAN) BERBASIS ANDROID

Authors

  • Sulaiman Sulaiman Prodi Sistem Komputer Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Harmastuti Harmastuti Prodi Sistem Komputer Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
  • Dwi Setyowati Prodi Sistem Komputer Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

Aplikasi, Geosains, Android, MIT App Inventor 2

Abstract

Pada saat ini perkembangan sistem informasi berbasis mobile sangat pesat, seperti informasi pembelajaran yang menyampaikan modul pembelajaran dari berbagai disipilin ilmu seperti matematika, fisika, penggunanaan sofware, juga wisata, perbelanjaan online dan masih banyak lagi. Dari modul-modul pembelajaran tersebut dapat juga memberi informasi tentang  geosains yang dapat menginformasikan ilmu kebumian.Penelitian aplikasi mobile berbasis android ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu Kebumian (Geosains) kepada seluruh masyarakat luas. Geosains terdiri dari beberapa disiplin ilmu seperti Geologi, Klimatologi, Hidrologi, dan Astronomi, yang dapat dioperasikan pada gadget dengan OS android. Dalam pembuatan sistem digunakan MIT App Inventor 2 dengan dukungan software desain grafis Corel Draw X4 dan Adobe Photoshop CS6. Secara garis besar penelitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu analisa kebutuhan, desain (perancangan), pembuatan (implementasi), dan pengujian (test). Namun disamping itu, tetap dilakukan support atau pemeliharaan (maintenance) aplikasi dan akan diperbarui (update) secara berkala untuk pengembangannya.Hasil yang didapatkan bahwa aplikasi mampu berjalan dihampir semua versi android dari versi  4.0 Ice Cream Sandwich hingga 6.0 Marsmallow, meskipun pada android Kitkat dan Lollipop terdapat sedikit trouble berupa berubahnya posisi button dan teks pada tampilan aplikasi, namun hal ini tidak mempengaruhi performa sistem. Untuk memdapatkan tampilan terbaik direkomendasikan menggunakan android versi Jelly Bean dan Marsmallow. Hasil akhir aplikasi (file apk) dapat diunduh melalui layanan penyedia aplikasi secara online dan bersifat gratis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kadir A. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi: Yogyakarta.
Kholifah S. 2015. Aplikasi Modul Pembelajaran Corel Draw X4 Pada Ponsel
Berbasis Android. Akprind: Yogyakarta.
Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak
Pendekatan Praktisi (Buku Satu). ANDI: Yogyakarta.
Setiawan R.2012. Pembuatan Aplikasi Mobile “Panduan Kota Solo ” Berbasis Android. STMIK AMIKOM: Yogyakarta.
Solle JY. 2015. Membangun Aplikasi Pengenalan Gunung Berapi Aktif Di Indonesia Melalui Ponsel Berbasis Android. Akprind: Yogyakarta.
Sulaiman, 2017, Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Geosains (Ilmu Kebumian) Berbasis Android, jurusan sistem komputer,IST AKPRIND yogyakarta
Sutabri T. 2003. Analisis Sistem Informasi. ANDI: Yogyakarta.
Tjasyono B. 2005. Pengantar Ilmu Kebumian. ITB: Bandung.
Wildan. 2012. “LKP: Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMK Negeri 11 Surabaya” (Doctoral Dissertation, STIKOM Surabaya).

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Sulaiman, S., Harmastuti, H., & Setyowati, D. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOSAINS (ILMU KEBUMIAN) BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi, 10(1), 9–18. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1161