SISTEM INFORMASI ARAH KIBLAT DAN JADWAL WAKTU SHALAT BERBASIS ANDROID

Authors

  • Muhammad Nashiruddin Darajat Magister Teknologi Informasi, Pascasarjana, Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdul Fadlil Magister Teknologi Informasi, Pascasarjana, Universitas Ahmad Dahlan
  • Sunardi Sunardi Magister Teknologi Informasi, Pascasarjana, Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Jadwal Waktu Shalat, Arah Kiblat, Android dan GPS (Global Positioning System)

Abstract

Jadwal waktu shalat adalah jadwal waktu  yang tersusun dari lima waktu shalat  Zuhur, Ashar, Mahgrib, Isya’, dan Subuh. Jadwal waktu shalat sangat penting bagi umat Islam untuk dipergunakan sebagai pedoman sehari-hari dalam menentukan awal waktu shalat. Jadwal waktu shalat dapat dibuat secara praktis dan sederhana dengan program kalkulator atau komputer untuk memberi kemudahan penggunaannya setiap hari bagi para pengurus takmir masjid dan umat Islam. Perhitungan jadwal awal waktu shalat ditentukan oleh posisi perjalanan matahari yang terlihat dari suatu tempat di permukaan bumi. Penentuan arah kiblat masjid  adalah pengukuran letak geografis tempat dimana arah kiblat masjid ditentukan oleh perhitungan arah/azimut kiblat dengan menggunakan alat hitung kalkulator atau komputer. Sedangkan metode pengukurannya dengan menggunakan alat kompas, GPS, atau theodolit. Penentuan arah kiblat masjid sangat penting bagi para takmir masjid dan umat Islam, karena  menghadap arah kiblat dalam shalat merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Pada aplikasi pengingat shalat dan arah kiblat atau yang diberi nama AQ-Shalat, diharapkan umat muslim yang menggunakan perangkat handphone berbasiskan sistem operasi Android dapat terbantu untuk tetap melaksanakan ibadah tepat waktu dan sesuai dengan arah kiblat yang benar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rachim, “Ilmu Falak,” Yogyakarta: Liberty, 1980, pp. 25.
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, “Pedoman Arah Kiblat,” Jakarta: Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah , 2009.
Murtadho, Moh, “Ilmu Falak Praktis,” Malang: UIN Malang Press: Malang, 2008, pp. 40.
Shodiq, Sriyatin, “Ilmu Falak I,” Surabaya: Fakultas Syariah Universitas Muhammadiyah Surabaya, 1994, pp. 15.
Wahidi, Ahmad, “Aplikasi Hisab Rukyat MS. Excel & Manual Peralatan Falakiyah,” Malang: UIN Malang Press, 2011, pp. 50-53.
-----------. “Perhitungan Arah dan Azimut Kiblat,” Surabaya: Yayasan Al-Falakiyah Surabaya, 2003.

Downloads

Published

2016-12-30

How to Cite

Darajat, M. N., Fadlil, A., & Sunardi, S. (2016). SISTEM INFORMASI ARAH KIBLAT DAN JADWAL WAKTU SHALAT BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi, 9(2), 148–155. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1154