ANALISIS RETENSI PENGUNJUNG BIOSKOP DI JAKARTA MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL

Authors

  • Ronald Sukwadi Program Studi Teknik Industri, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Margaretha Cindy Gammadita Program Studi Teknik Industri, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.3415/jurtek.v9i2.1146

Keywords:

regresi logistik multinomial, program loyalitas, pengalaman layanan, kepuasan konsumen, retensi pelanggan

Abstract

Perusahaan yang menawarkan program loyalitas percaya bahwa program loyalitas yang ditawarkan memiliki efek positif jangka panjang terhadap retensi pelanggan. Hampir seluruh perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis menerapkan program loyalitas untuk mencegah pelanggan berpindah ke kompetitor. Pada kenyataan, dampak dari pengalaman layanan terhadap retensi pelanggan penting bagi penyedia layanan jasa. Kepuasan pelanggan memiliki peran penting untuk semua perusahaan karena pengaruh terhadap pembelian ulang dan rekomendasi dari mulut ke mulut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh program loyalitas, pengalaman layanan dan kepuasan konsumen terhadap retensi pengunjung bioskop di Jakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan program loyalitas, pengalaman layanan dan kepuasan konsumen memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap retensi pengunjung bioskop di Jakarta.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bolton, R.N., Kannan, P.K. and Bramlett, M. D., 2000, Implication of Loyalty Program Membership and Service Experience for Customer Retention and Value, Journal of the Academy of Marketing Science, 28(1), 95-108.
Ghozali, I., 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Manhas, P.S., and Tukamushaba, E.K., 2015, Understanding Service Experience and Its Impact on Brand Image in Hospitality Sector, International Journal of Hospitality Management, 45, 77-87.
Mascarenhas, O.A., Kesavan, R. and Bernacchi, M., 2006, Lasting Customer Loyalty: A Total Customer Experience Approach, Journal of Consumer Marketing, 23(7), 397-405.
Purwoko, 2010, Pendapatan Sektor Pariwisata DKI Rp 1,9 Triliun, diakses secara online pada tanggal 10 Agustus 2015), http://www.jakarta.go.id/v2/news/2010/07/Pendapatan-Sektor-Pariwisata-DKI-Rp-19-Triliun#.VctBfvmqqkp
Sari, N.I., 2014, Mengintip Manisnya Bisnis Bioskop, diakses secara online pada tanggal 10 Agustus 2015, http://www.merdeka.com/uang/mengintip-manisnya-bisnis-bioskop.html
Sukwadi, R., 2015, Utilizing Customer Experience Management Framework to Create a Delightful Service Experience, International Journal of Industrial Engineering and Management, 6(1), 29-42.
Sukwadi, R., Yang, C.C. and Fan, L., 2012, Capturing Customer Value Creation Based on Service Experience - A Case Study on News Café, Journal of the Chinese Institute of Industrial Engineers, 29(6), 383-399.
Sindo, 2015, Indonesia akan Miliki 2.000 Layar Bioskop Tahun 2018, diakses secara online pada tanggal 10 Agustus 2015, http://economy.okezone.com/read/2015/06/07/320/1161477/indonesia-akan-miliki-2-000-layar-bioskop-tahun-2018
Usman, H. and Akbar, P.S., 2008, Pengantar Statistika, 2nd ed., PT Bumi Aksara, Jakarta.
Wong, I.A., 2013, Exploring Customer Equity and the Role of Service Experience in the Casino Service Encounter, International Journal of Hospitality Management, 32, 91-101.
Zakaria, I., Rahman, B.A., Othman, A.K., Azlina, N., Yunus, M., Dzulkipli, M.R. and Osman, M.A.F., 2014, The Relationship between Loyalty Program, Customer Satisfaction and Customer Loyalty in Retail Industry: A Case Study, Procedia-Social and Behavioral Sciences, 129, 23-30.

Downloads

Published

2016-12-30

How to Cite

Sukwadi, R., & Gammadita, M. C. (2016). ANALISIS RETENSI PENGUNJUNG BIOSKOP DI JAKARTA MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL. Jurnal Teknologi, 9(2), 89–97. https://doi.org/10.3415/jurtek.v9i2.1146