PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN BINATANG DAN ALAT TRANSPORTASI UNTUK ANAK USIA DINI 2-3 TAHUN
Keywords:
pembelajaran aktif, multimedia, motorikAbstract
Multimedia adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Pembelajaran berbasis multimedia dikembangkan atas dasar pembelajaran aktif (active learning) yang dapat memperkuat dan memperlancar stimulus dan respons anak. Dalam menggerakkan mouse dan melakukan proses klik bagi anak usia dini 2-3 tahun merupakan salah satu latihan motorik anak yang sangat penting. Dimana dalam hal ini anak-anak membutuhkan konsentrasi agar gerakan tangan dan mata dapat berjalan bersamaan. Untuk membantu tumbuh kembang anak yang meliputi aspek-aspek perkembangan anak maka dibuatlah media pembelajaran pengenalan binatang dan pengenalan alat transportasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun. Dimana media pembelajaran ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam mengenali hewan dan alat transportasi dalam bentuk gambar dan mampu menyebutkan nama gambar tersebut yang disertai dengan suara. Hasil media pembelajaran berbasis multimedia ini telah dilaksanakan pada proses belajar mengajar di TPA KB – TK Islam Ratnaningsih, Badegan, Bantul. Dengan adanya media pembelajaran ini anak-anak lebih mudah mengenali binatang. Selain itu dalam pembelajaran anak juga merasa senang dan tidak bosan.
Downloads
References
Drigas, A., Kokkalia, G. & Lytras, M.D., 2015. ICT and collaborative co-learning in preschool children who face memory difficulties. Computers in Human Behavior, 51 Bab B, pp.645–651. Available at: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0 747563215000333 [Accessed July 28, 2015].
Hernawati, K., 2012. Pengenalan Teknologi Sejak dini Dengan Belajar Sambil Bermain Melalui Smartphone. In pp. 978–979.
Melyani, N., Marwani, R. & Yusuf, A., 2015. Studi Komparasi Metode Demonstrasi Dengan Pemberian Tugas Terhadap kemampuan Mengenal Warna Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4.2.
Naeyc & Center, F.R., 2012. Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. , (January), pp.1–15.
Rini, S., 2011. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Berhitung Bagi Anak Playgroup Menggunakan Metode Menghitung Gambar dengan Menerapkan Bahasa Pemrograman Macromedia Flash 8. Jurnal Teknologi Informasi dan pendidikan, 4(1).
Seidel, T., Blomberg, G. & Renkl, A., 2013. Instructional strategies for using video in teacher education. Teaching and Teacher Education, 34, pp.56–65. Available at: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve
/pii/S0742051X13000565 [Accessed March 18, 2015].
Sinaga, S.S., 2010. Pemanfaatan dan Pengembangan Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini/TK. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10.1.
Steven, T., Suwasono, A. agung & Yuwono, A., 2015. Perancangan Board Game Pengenalan Dinosaurus Untuk Anak Usia 8 – 12 Tahun. urnal DKV Adiwarna, 1.
Yustisia, T. pustaka, 2007. Panduan Lengkap KTSP, Yogyakarta: Pustaka Yustisia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Teknologi provides immediate open access to its content in order of making research freely available to the public to support a global exchange of knowledge. All articles published in this journal are free for everyone to read and download, under licence CC BY SA.
Benefits of open access for the author, include:
- Free access for all users worldwide.
- Authors retain copyright to their work.
- Increased visibility and readership.
- No spatial constraints.