PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN BINATANG DAN ALAT TRANSPORTASI UNTUK ANAK USIA DINI 2-3 TAHUN

Authors

  • Anna Hendri Soleliza Jones Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

pembelajaran aktif, multimedia, motorik

Abstract

Multimedia adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Pembelajaran berbasis multimedia dikembangkan atas dasar pembelajaran aktif (active learning) yang dapat memperkuat dan memperlancar stimulus dan respons anak. Dalam menggerakkan mouse dan melakukan proses klik bagi anak usia dini 2-3 tahun merupakan salah satu latihan motorik anak yang sangat penting. Dimana dalam hal ini anak-anak membutuhkan konsentrasi agar gerakan tangan dan mata dapat berjalan bersamaan. Untuk membantu tumbuh kembang anak yang meliputi aspek-aspek perkembangan anak maka dibuatlah media pembelajaran pengenalan binatang dan pengenalan alat transportasi untuk anak usia 2 sampai 3 tahun. Dimana media pembelajaran ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam mengenali hewan dan alat transportasi dalam bentuk gambar dan mampu menyebutkan nama gambar tersebut yang disertai dengan suara. Hasil media pembelajaran berbasis multimedia ini telah dilaksanakan pada proses belajar mengajar di TPA KB – TK Islam Ratnaningsih, Badegan, Bantul. Dengan adanya media pembelajaran ini anak-anak lebih mudah mengenali binatang. Selain itu dalam pembelajaran anak juga merasa senang dan tidak bosan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, G.P.F., 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash,
Drigas, A., Kokkalia, G. & Lytras, M.D., 2015. ICT and collaborative co-learning in preschool children who face memory difficulties. Computers in Human Behavior, 51 Bab B, pp.645–651. Available at: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0 747563215000333 [Accessed July 28, 2015].
Hernawati, K., 2012. Pengenalan Teknologi Sejak dini Dengan Belajar Sambil Bermain Melalui Smartphone. In pp. 978–979.
Melyani, N., Marwani, R. & Yusuf, A., 2015. Studi Komparasi Metode Demonstrasi Dengan Pemberian Tugas Terhadap kemampuan Mengenal Warna Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4.2.
Naeyc & Center, F.R., 2012. Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. , (January), pp.1–15.
Rini, S., 2011. Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Berhitung Bagi Anak Playgroup Menggunakan Metode Menghitung Gambar dengan Menerapkan Bahasa Pemrograman Macromedia Flash 8. Jurnal Teknologi Informasi dan pendidikan, 4(1).
Seidel, T., Blomberg, G. & Renkl, A., 2013. Instructional strategies for using video in teacher education. Teaching and Teacher Education, 34, pp.56–65. Available at: http://linkinghub.elsevier.com/retrieve
/pii/S0742051X13000565 [Accessed March 18, 2015].
Sinaga, S.S., 2010. Pemanfaatan dan Pengembangan Lagu Anak-Anak dalam Pembelajaran tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini/TK. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10.1.
Steven, T., Suwasono, A. agung & Yuwono, A., 2015. Perancangan Board Game Pengenalan Dinosaurus Untuk Anak Usia 8 – 12 Tahun. urnal DKV Adiwarna, 1.
Yustisia, T. pustaka, 2007. Panduan Lengkap KTSP, Yogyakarta: Pustaka Yustisia

Downloads

Published

2016-06-30

How to Cite

Soleliza Jones, A. H. (2016). PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PENGENALAN BINATANG DAN ALAT TRANSPORTASI UNTUK ANAK USIA DINI 2-3 TAHUN. Jurnal Teknologi, 9(1), 78–82. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1144