PERANCANGAN KONSEPTUAL DAN PABRIKASI MESIN TEKAN PAKU KELING DENGAN METODE PEMODELAN FUNGSIONAL

Authors

  • Beni Tri Sasongko Jurusan Teknik Mesin Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

Keywords:

mesin tekan paku keling, pemodelan fungsional, perancangan konseptual, uji tarik

Abstract

Sistem mekanisasi dalam industri manufaktur terus dioptimalkan untuk menekan biaya produksi dan menjaga keseragaman kualitas produk. Pengelingan adalah merupakan salah satu tahapan dari proses produksi yang menentukan kualitas dari produk. Hal ini sangat berpengaruh terhadap nilai jualnya. Untuk perbaikan kualitas produk, salah satu alternatif yang harus dilakukan ialah mengganti cara pengelingan secara manual dengan pengelingan menggunakan mesin pada industri berbahan dasar alumunium. Mesin tekan paku keling merupakan mesin perkakas yang dapat digunakan dalam proses pengelingan pada sambungan produk kerajinan alumunium pegangan panci. Makalah ini melaporkan mekanisme rancang bangun sebuah mesin tekan paku keling. Proses perancangan mesin keling ini menggunakan metode pemodelan fungsional. Metode ini difokuskan pada spesifikasi mesin perkakas yang memakai teknologi skala produksi. Mekanisme perancangan ini menggunakan tiga tahapan proses yaitu membandingkan dengan proses sejenis, melakukan perancangan konseptual, serta melakukan pengujian produk keling. Pengujian yang dilakukan adalah uji kekuatan tarik hasil penekanan paku keling dengan diameter 3, 4, dan 5 mm. Hasil pengujian kuat tarik paku keling dari dua buah plat alumunium dengan diameter paku keling 3, 4, dan 5 mm, diperoleh nilai kekuatan tarik masing-masing hasil pengelingan adalah 9,70 kg/mm2, 14,77 kg/mm2,  dan  18,86  kg/mm2.  Data  tersebut menunjukkan kelingan pada pegangan panci dinyatakan aman untuk menerima beban yang diberikan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Linsey, J., S., Green, M., G., Wie, M., V., Wood, K., L., dan Stone, R. 2005. Functional representation in conceptual design: A first study in experimental design and evaluation. Proceedings of the 2005 American society for engineering education annual conference & exposition.
Magrab, E., B., Gupta, S. K., McCluskey, F., P. dan Sandborn P., A. 2010. Integrated product and process design and development: The product realization process. CRC Press, Taylor and Francis Group. Boca Raton.
Pahl, G., Beitz, W., Feldhusen, J., dan Grote, K.H. 2007. Engineering design: Systematic approach. Ed. Ke-3. Springer. London.
Raffaeli, R., Germani, M., Garziosi, S. dan Mandorli, F. 2007. Development of multi layer change propagation tool for modular products. International conference on engineering design. Paris. ICED. 07/307.
Stone, R., B. dan Wood, K., L. 2000. Development of functional basis for design. Journal of Mecanical Design. 122 (4) 359-370

Downloads

Published

2016-06-30

How to Cite

Tri Sasongko, B. (2016). PERANCANGAN KONSEPTUAL DAN PABRIKASI MESIN TEKAN PAKU KELING DENGAN METODE PEMODELAN FUNGSIONAL. Jurnal Teknologi, 9(1), 70–77. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1143