E-COMMERCE PADA UMKM SENTRA BORDIR DESA PADURENAN KUDUS SEBAGAI UPAYA BRANDING PRODUK DAN PERLUASAN PASAR

Authors

  • Migunani Migunani Jurusan Sistem Informasi, STMIK Provisi Semarang
  • Achmad Solechan Jurusan Sistem Informasi, STMIK Provisi Semarang
  • Fitro Nur Hakim Jurusan Teknik Informatika, STMIK Provisi Semarang

Keywords:

E-commerce, Business to Consumer, branding, perluasan pasar, UMKM Sentra Bordir Kudus

Abstract

E-commerce merupakan cara berbelanja atau menjalankan perdagangan secara daring melalui Internet. Pada E-commerce terdapat website untuk memfasilitasi konsumen dalam pemesanan  dan pengiriman produk (“get and deliver”). Model penerapan E-commerce pada UMKM Sentra Bordir Desa Padurenan Kudus termasuk dalam kategori Business to Consumer (B2C). Kategori ini pihak penyedia produk (pedagang) merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah sedangkan pihak pembeli adalah konsumen perorangan atau perusahaan. UMKM sentra bordir yang sebagian besar menjadi anggota koperasi Padurenan Jaya selain memiliki pasar lokal di daerah Kudus juga memiliki konsumen di luar Kota Kudus. Konsumen di luar Kota Kudus inilah yang memerlukan teknologi agar produk-produk Desa Padurenan dapat dikenal secara luas. Melalui teknologi E- commerce diharapkan konsumen di luar Kota Kudus dapat memperoleh informasi produk sehingga terjadilah perluasan pasar produk dan konsumen. Sistem E-commerce model B2C seperti ini juga disebut dengan e-tailing, yaitu perusahaan menawarkan langsung produk-produknya kepada konsumen-konsumennya melalui media internet. Dengan mendaftarkan nama domain untuk E- commerce pada URL www.padurenanjayakudus.com, website dapat menampilkan katalog-katalog produk bordir dari beberapa anggota koperasi Padurenan Jaya dengan produk-produk unggulan mereka. Melalui E-commerce untuk UMKM Sentra Bordir Kudus, konsumen mendapatkan kemudahan dalam memperoleh informasi terkait dengan produk yang dibutuhkan, melakukan transaksi dengan cepat, konsumen tidak perlu datang langsung ke lokasi UMKM, bertransaksi secara lebih aman, dan dapat dilakukan dari berbagai lokasi. E-commerce memberikan keuntungan bagi UMKM diantaranya dapat memperpendek jarak antara UMKM dan konsumennya, UMKM dapat lebih mendekatkan diri dengan konsumennya, dengan mengklik “hyperlink” yang

tersedia pada halaman website, konsumen dapat menuju ke perusahaan (secara virtual) dimanapun mereka berada, jangkauan pasar semakin luas dan tidak terbatas secara geografis, memperluas jaringan mitra bisnis (agen/reseller) dan akan memangkas biaya-biaya operasional, seperti kantor, atk, dan periklanan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambler, S.W., Nalbone, J., and Vizdos, M. 2005. The Enterprise Unified Process: Extending the Rational Unified Process. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall PTR.
Chaffey, D., Mayer, R., Johnston, K., Ellis, C.F. 2000. Internet Marketing. London: Prentice Hall.
Elias, Awad. 2002. Electronic Commerce. New Jersey: Prentice Hal l.
Fowler, Martin. 2004. A Brief Guide to the Standard Object Modeling Language. 3th Ed. New Jersey: Pearson Education Inc.
Gelder, S.V. 2005. Global Brand Strategy.
London: Kogan Page.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Terjemahan oleh Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusly. 9th Ed. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Prenhalindo.
Poon and Swatman. 1999. An Exploratory Study of Small Business Internet Commerce Issues, Information and Management. Vol. 35. pp. 9-18.
Schultz, D.E. and Schultz, H.F. 2004. IMC the Next Generation: Five Steps for Delivering Value and Measuring Returns using Marketing Communication. McGraw-Hill.
Schultz and Barnes. 1999. Strategic Brand Communication Campaign. Chicago: NTC Business Book.
Shurety, Shamanta. 1999. E-business with Net Commerce. Prentice Hall.
Susanto dan Wijanarko. 2004. Power Branding, Membangun Merk Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Quantun Bisnis dan Manajemen.
Turban, et al. 2008. Information Technology for Management, John Willey & Son’s Inc.

Downloads

Published

2016-06-30

How to Cite

Migunani, M., Solechan, A., & Nur Hakim, F. (2016). E-COMMERCE PADA UMKM SENTRA BORDIR DESA PADURENAN KUDUS SEBAGAI UPAYA BRANDING PRODUK DAN PERLUASAN PASAR. Jurnal Teknologi, 9(1), 54–62. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1141