PEMBUATAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA DAN SIMULASI GAMELAN KRATON YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Rizqi Sukma Kharisma Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Gisa Anugrah Dessriadi Manajemen Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Heri Nugraha Manajemen Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta

Keywords:

Android, mobile, gamelan, kraton, ensiklopedia, simulasi

Abstract

Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang mengalami peningkatan pesat dalam penggunaanya. Lebih dari 1 juta pengguna android baru setiap harinya. Didukung dengan framework  yang  kuat  memberikan  kemudahan  dalam  pengembangan  aplikasi-apikasi  untuk Android.  Dengan  demikian  banyak  aplikasi  anroid  yang  dapat  dikembangkan untuk  berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk pariwisata dan budaya. Kraton Yogyakarta merupakan salah satu obyek wisata dan pusat budaya di Yogyakarta. Salah satu budaya yang ada di dalam Kraton Yogyakarta  adalah  gamelan  pusaka.  Banyak  wisatawan  dan  masyarakat  yang  belum  pernah melihat dan mengetahui gamelan pusaka Kraton Yogyakarta. Dalam penelitian ini dilakukan pembuatan aplikasi mobile ensiklopedia dan simulasi gamelan kraton Yogyakarta berbasis sistem operasi Android. Aplikasi ini menggunakan objek gamelan-gamelan pusaka yang ada di Kraton Yogyakarta sebagai bahan ensiklopedia. Dalam aplikasi yang dibuat juga terdapat fitur simulasi gamelan yang dapat dimainkan pengguna aplikasi.

Kata kunci: Android, mobile, gamelan, kraton, ensiklopedia, simulasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Android Developer. 2014. The World's Most Popular Mobile Platform [online]. Available: http://developer.android.com/about/index. html
Suyanto, Muhammd. 2003. Multimedia Alat Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Andi Offset.
Supardi, Yuniar. 2012. Sistem Operasi Andal Android. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Arifin, Yanuar. 2012. Hacking & Programming dengan Android SDK untuk Advanced. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Adobe. 2014. Flash Professional Help / Publishing AIR for Android applications [online], Available : http://helpx.adobe.com/flash/using/publish ing-air-android-applications.html
Nikensasi ,Putri, Imam Kuswardayan, Dwi Sunaryono. 2012. Rancang Bangun Permainan Edukasi Matematika dan Fisika dengan Memanfaatkan Accelerometer dan Physics Engine Box2d pada Android. Surabaya : Jurnal Teknik Its.
Humala, Arief. 2012. Pembuatan Aplikasi Pencarian Halte Transjakarta Terdekat Berbasis Android. Depok : Jurnal Ilmiah Universitas Gunadarma.
Sukmawati, Muliani, Debby, Antonius Wahyu Sudradjat. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Simulasi TOEFL Berbasis Android. Palembang : http://eprints.mdp.ac.id/938/

Downloads

Published

2016-06-30

How to Cite

Kharisma, R. S., Dessriadi, G. A., & Nugraha, H. (2016). PEMBUATAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA DAN SIMULASI GAMELAN KRATON YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi, 9(1), 39–46. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1138