SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA PRESTASI BAGI MAHASISWA DI KABUPATEN PASER MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCES BY SIMILARY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

Authors

  • Heliza Rahmania Hatta Universitas Mulawarman
  • Kamalul Haqqi Universitas Mulawarman
  • Dyna Marisa Khairina Universitas Mulawarman

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Beasiswa Prestasi

Abstract

Beasiswa  merupakan  salah  satu  apresiasi  yang  diberikan  kepada  mahasiswa  yang memiliki kemampuan dan keinginan besar dalam hal menuntut ilmu dalam bidang akademik. Oleh karenanya, maka diadakan program pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi agar menunjang minat dan menambah motivasi dalam menuntut ilmu. Masalah yang biasa terjadi dalam menentukan penerima  beasiswa  biasanya  terjadi  saat  menentukan penerima  beasiswa  yang memiliki jumlah cukup banyak dan memiliki nilai yang tidak jauh berbeda dari satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Maka dari itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu dalam merekomendasikan mahasiswa  yang  berhak  menerima  beasiswa.  Penelitian  ini  menerapkan metode Technique For Order Preference by Similarity to Ideal  Solution untuk menyelesaikan permasalahan dalam pemilihan pemberian rekomendasi mahasiswa yang berhak menerima beasiswa  prestasi  bagi  mahasiswa  di  Kabupaten Paser.  TOPSIS  adalah  salah  satu  metode pengambilan keputusan multikriteria dengan ide dasarnya adalah bahwa alternatif yang dipilih memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan memiliki jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Adapun variable yang digunakan adalah Indeks Prestasi terakhir, akreditasi universitas, dan  akreditasi fakultas. Data  yang digunakan untuk  pengujian sistem  menggunakan 10  data mahasiswa yang didapatkan dari Pemerintah Paser. Hasil sistem di bandingkan dengan perhitungan  secara  manual,  dan  menghasilkan  data  yang  sama.  Hasil  sistem  pendukung keputusan berupa rekomendasi mahasiswa yang berhak menerima beasiswa prestasi bagi mahasiswa di Kabupaten Paser.

Kata Kunci: , TOPSIS, Beasiswa Prestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniasih, D.L., 2013, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode Topsis”. Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma “Informasi dan Informatika” Volume III No 2.
Kusrini, 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi Offset, Yogyakarta
Kosasi,S., 2002, Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). STIMIK Pontianak.
Kusumadewi, Sri, 2006, Fuzzy Multi Attribute Decision Making.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Manurung, P., 2010, Sistem pendukung keputusan seleksi penerima beasiswa dengan metode AHP dan TOPSIS studi kasus FMIPA USU. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sumatera Utara Medan.

Downloads

Published

2016-06-30

How to Cite

Hatta, H. R., Haqqi, K., & Khairina, D. M. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA PRESTASI BAGI MAHASISWA DI KABUPATEN PASER MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCES BY SIMILARY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS). Jurnal Teknologi, 9(1), 24–30. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1135