IMPLEMENTASI METODE PROMETHEE DALAM PENENTUAN PENERIMA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)

Authors

  • Riska Hanifah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, IKPIA Perbanas

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Metode Promethee, Kredit usaha rakyat, Multi criteria decision making

Abstract

Salah satu program pemerintah Indonesia dalam mengurangi kemiskinan berbasis pada pemberdayaan ekonomi mikro dan usaha kecil adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan pembiayaan modal kerja atau investasi yang diberikan kepada usaha produktif pada segmen mikro, kecil,menengah, dan koperasi (UMKMK) yang layak atau feasiblenamun belum bankable. Masalah yang sering terjadi adalah tingginya kredit yang macet (pinjaman yang tidak dibayar oleh debitur), salah satu penyebabnya karena penentuan penerima KUR yang tidak tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu metode pendukung keputusan yang dapat membantu menentukan penerima KUR yang tepat. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PROMETHEE (Preference Ranking Organization for Evaluation) merupakan salah satumetode untuk menentukan prioritas dalam analisis MCDM (Multi Criteria Decision Making), yaitu teknik pengambilan keputusan dari beberapa alternatif pilihan yang ada. Penelitian dengan metode PROMETHEE ini akan menghasilkan komposisi rangking atau peringkat calon penerima KUR yang memiliki risiko kredit terendah sampai tertinggi, peringkat tersebut berdasarkan nilai yang diperoleh dari perhitungan Net Flow dari setiap alternatif / calon penerima KUR, Net Flow yang tinggi berarti sangat direkomendasikan untuk menjadi penerima KUR karena diperkirakan memiliki risiko kredit yang rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsita, R, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dengan Metode Promethee (studi kasus: Sari Mandala-I),”Journal Pelita Informatika Budi Darma, vol: IV nomor 2, Agustus 2013 ISSN: 2301-9425.
Azwany, Faraby “System pendukung keputusan pemberiankredit usaha rakyat pada bank syariah mandiri cabang medan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP),”department of computer science, faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Sumatra Utara, Medan, 2010.
Benarkah, Njoto, Susana Limanto,“Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan televisidengan Metode Promethee.”,Gematika Jurnal Informatika, Vo.. 11, No. 1, Desember 2009.
Brans, J. P., Vinckle and B. Mareschal.”How to Select and How to Rank Project; The promethee Method,”. European Journal of Operational Research, Elsevier Science Publisher B.V., 1986, Holand. P.228-238.
Hanifah, Riska, “Decision Support System of Granting “Kredit Usaha Rakyat (KUR)” with Promethee Method”,Proceedings 2ndInternational Conference for Emerging Market 2015, Bali, 22-23 Januari 2015, ISBN: 978-602-14666-1-2.
Hunjak, Tihomir, 1997, Mathematical foundations of the methods for multicriterial decison making, Mathematical Communications, -, -.Novaliendry, D., “Aplikasi Penggunaan metode Promethee dalam system pendukung keputusan untuk menentukan media promosi,”Journal Ilmiah Kursor, Vol. 5, No. 2, Juli 2009, ISSN 0216-0544.
Suhari, Y., Sukur M., Eniyati, S., “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pada PT. BPR Artamanunggal Abadi Mranggen”, Journal Dinamika Informatika –Vol I No 1, Maret 2009 ISSN : 2085-3343.
Sanada, H, MT Wahyudin, H Sutarno, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Siswa Baru Dengan Menggunakan Metode AHP Dan PROMETHEE di SMA.”,Jurnal Ilmu Komputer (JIK), 2013 -fpmipa.upi.edu
TNP2K, 2013, “Program kredit usaha rakyat,”http://www.tnp2k.go.id/id/tanya-jawab/klaster-iii/progam-kredit-usaha-rakyat-kur/Diakses tanggal 10 november 2014.
Triyanti, V., M. T. Gadis, et al. (2008). "Pemilihan Supplier Untuk Industri Makanan Menggunakan Metode PROMETHEE." Journal of Logistics and Supply Chain Management 1(2),2008.
Velasquez, M., and Hester, P.,T., “An Analysis of Multi-Criteria Decision Making Methods,” International Journal of Operations Research, May 2013Vol. 10, No. 2, 5666 (2013).
www.komite-kur.comKementrianKoordinator Bidang perekonomian

Downloads

Published

2015-12-30

How to Cite

Hanifah, R. (2015). IMPLEMENTASI METODE PROMETHEE DALAM PENENTUAN PENERIMA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR). Jurnal Teknologi, 8(2), 169–177. Retrieved from https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1129